Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Ternyata Keringat Berhubungan dengan Kesehatan Tubuh, Apakah Itu?
Keringat Berlebihan

Ternyata Keringat Berhubungan dengan Kesehatan Tubuh, Apakah Itu?

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa keringat yang keluar oleh tubuh adalah suatu sampah dalam tubuh yang memang harus dikeluarkan dan pastinya dengan anggapan demikian akan membuat seseorang menyimpulkan bahwa seseorang yang berkeringat akan memiliki tubuh yang sehat, namun pernyataan seperti itu ternyata memang tidak benar seluruhnya, akan tetapi keringat juga dapat memicu dengan keadaan kesehatan tubuh seseorang itu sendiri.

Jangan beranggapan keluarnya keringat itu sepenuhnya sehat

Keringat yang keluar dari tubuh bukanlah suatu indikator bahwa tubuh itu sedang sehat namun keringat tersebut dapat keluar karena beberapa faktor yang mendorong keluarnya keringat, memang bila dikatakan keringat yang keluar itu menunjukan tubuh itu sehat jawabannya tidak salah.

Menurut pernyataan salah seorang dokter terkait keringat bahwa keluarnya keringat dikarenakan suhu naik dalam tubuh sehingga ketika suhu naik tersebut sudah memuncak maka untuk meredakan suhu panas dengan cara mengeluarkan cairan keringat melalui pori-pori kulit tubuh.

Contoh penyebab aktifitas keluarnya keringat

Nah bukan tanpa sebab keringat itu keluar dengan sendirinya, namun keringat keluar itu disebabkan karena dukungan dari aktifitas fisik dari tubuh seseorang itu sendiri, contohnya saja ketika anda sedang melakukan aktifitas berat seperti olahraga lari berkilo-kilo seperti lari maraton, maka yang terjadi adalah peningkatan suhu tubuh dan alhasil keringatlah yang dikeluarkan oleh tubuh melalui pori-pori.

Jadi, semakin anda melakukan aktifitas yang lebih berat dan membuat anda harus lebih ekstra mengeluarkan tenaga maka keringat yang keluarpun menjadi lebih banyak.

Tidak karena olahraga ataupun aktifitas berat saja yang menimbulkan keringat keluar dalam tubuh, namun suasana yang panas dan menggerahkan pun juga memicu keluarga suhu panas dalam tubuh meningkat dan akhirnya keluar, seperti sedang berjemur dibawah terik matahari yang panas, hal demikian juga menimbulkan keluarnya keringat, begitu juga dengan makanan, apabila makanan itu sangat pedas hingga berlevel maka suhu tubuh pun juga akan meningkat karena panas yang dihasilkan oleh lombok yang pedas.

Keringat yang berlebih merupakan gejala yang timbul terkait kesehatan tubuh

Nah untuk keringat yang keluar secara berlebih bukan berarti itu sehat namun sebaliknya bahwa keringat yang berlebih menunjukan ada faktor yang tidak sesuai dalam tubuh, bisa dikatakan bahwa keringat berlebih berarti telah terjadi gangguan terhadap kesehatan tubuh yang tidak seimbang.

Oleh karena itulah untuk mengetahui faktor dari keringat berlebih, perhatikan beberapa indikasi gangguan penyakit penyebab dari lebihan keringat yang keluar tersebut.

  • Penyakit Leukemia atau AIDS

Faktor dari keringat berlebih juga menandakan adanya penyakit dari dalam tubuh seperti halnya penyakit Leukemia atau AIDS yang mana gejalanya sering timbul ketika seseorang pada malam harinya malah menjadi berkeringat bahkan keringatnya berlebihan, nah hal demikian yang menandakan adanya penyakit dalam tubuh.

  • Penyakit jantung

Penyakit pada jantung yang dialami seseorang biasanya akan bereaksi dengan awalan berkeringat berlebih yang keluar, apalagi seseorang yang memiliki serangan jantung, ketika akan mengalaminya biasanya ditandai dengan keringatan yang berlebih, perut terasa mual, dan adanya rasa nyeri pada otot tubuh.

  • Penyakit Tiroid

Penyakit yang satu ini sangatlah dominan dengan tandanya yang berkeringat berlebih, apalagi yang sering terjadi adalah berkeringat pada bagian telapak tangan terutama bagi seseorang yang memiliki penyakit tiroid tinggi.

Dengan demikian disimpulkan bahwa ternyata keringat berhubungan dengan kesehatan tubuh manusia, namun disini juga dikatakan bahwasanya keringat tidak sepenuhnya menandakan seseorang itu bertubuh sehat malah sebaliknya, ada kalanya keringat memberi tanda bahwa adanya penyakit yang berada didalamnya. Oleh karena itulah saran saya untuk anda supaya tetap menjaga stamina dengan keseimbangan antara olahraga dan pola makan anda yang harus lebih teratur

Leave a Reply