Home >> Wisata >> Kuliner >> Resep Membuat Es Pisang Ijo_Khas Makassar
Es Pisang Ijo

Resep Membuat Es Pisang Ijo_Khas Makassar

Es pisang ijo merupakan sebuah minuman yang khas dari Makassar (Sulawesi-selatan), minuman es pisang ijo ini terbuat dari bahan pisang yang sudah di galut dan tepung yang sudah di warnai warna ijo. Minuman es pisang ijo sudah terkenal di Makassar dan enak, es pisang ijo ini tidak cuman untuk di minum, untuk mengenyangkan perut anda juga. Di mana-mana juga sudah lumayan banyak yang menjual pisang ijo ini, akan tetapi tidak semua pisang ijo ada yang enak dan juga ada yang tidak enak rasanya. Dan cara membuat es pisang ijo ini cukup sederhana dan cukup muda untuk membuatnya. Akan tetapi jika anda ingin mengetahui tentang cara membuat es pisang ijo dari khas Makassar, anda dapat melihat resep di bawah ini.

Bahan :

  1. air putih.
  2. daun suji.
  3. pewarna hijau.
  4. tepung beras.
  5. tepung beras lagi.
  6. pisang raja yang sudah cukup tua dan kupas kulitnya.
  7. Sirup yang berwarna merah.
  8. Dan es yang sudah di serut.

Bahan es :

  1. Daun pandan.
  2. Tepung terigu.
  3. Gula putih.
  4. Santan kelapa.

cara membuat pisang ijo :

  1. Ambillah tepung beras, air putih, garam, daun suji, dan juga pewarna makanan yang warnanya warna ijo, kemudian semua di campur terus di aduk-aduk sampai mendidih.
  2. Tambah lah tepung beras, kemudia aduk-aduk lagi sampai menjadi kalis.
  3. Kemudian ambillah adonan tadi itu dan pipihkan atau tipiskan adonan yang tadi, kemudian bungkuslah pisang raja yang tadi itu sehingga pisang rajanya itu tertutup semua.
  4. Kemudian rebus lah adonan yang sudah di bungkus tadi hingga sampai matang adonannya itu, akan tetapi di rebusnya cuman sampai 20 menitan saja kalau sudah matang angkat aja dan di sisihkan.

Cara membuat es :

  1. Ambillah semua bahan tadi yang sudah di sediahkan, kemudian campurkan lah semuanya bahannya dan kemudian semua di rebus sehingga mendidih. Akan tetapi jika sudah mendidih, angkat dan di dingin kan.

Cara menyajikan :

  1. Ambillah tempat yang dapat di taruh makanannya yang layak untuk di pakai, kemudian potong-potong lah pisang ijo nya tadi, masukkan pisang ijo yang sudah di potong-potong, masukkan beberapa biji saja. Kemudian masukkan es serut yang tadi, kemudian anda jangan lupa memberi saus yang sudah di bikin tadi, kemudian tuangkan lah sirup merah tadi. Siap di sediakan.

Demikian resep cara membuat es pisang ijo ini yang dari khas Makassar (Sulawesi-selatan), cara nya cukup mudah kan dan sederhana, anda dapat mencoba di rumah nya masing-masing. Akan tetapi semoga dengan cara ini bermanfaat untuk kalian dan bisa mencobanya.

Leave a Reply