Home >> Wisata >> Kuliner >> Resep Makanan Pisang Epe_Khas Makassar
Pisang Epe

Resep Makanan Pisang Epe_Khas Makassar

Bagi yang suka jalan-jalan ke mana aja, dan juga menikmati wisata kuliner, akan tetapi sudah mengetahui tentang makanan yang khas dari Makassar yaitu kue pisang epe, pisang epe ini terbuat dari bahan yang mudah dan juga gampang di cari bahan-bahannya, sehingga pisang epe ini sudah menjadi salah satu makanan tradisional yang asli dari Makassar, dan juga gampang di buatnya dan mudah di cari. Dan makanan ini juga dapat di makan saat-saat lagi nyantai-nyantai di rumah, dan lagi hujan-hujan enaknya bikin pisang epe.

Dan pisang epe ini terbuat dari bahan yang yang sudah di tambahi selerah, misalnya coklat, keju, vanilla, durian, dan masih banyak lagi. Juka kalian pengen mendapatkan rasa yang istimewa, yang penting di perhatikan adalah sebuah pemilihan pisang yang kematangan, Akan tetapi untuk hasil yang maksimal itu, sebelumnya pisangnya di kapok yang sudah bener-bener atau yakin itu udah mateng. Jika anda salah memilih pisangnya itu akan dapat membuat rasa pisangnya menjadi pahit atau jelek.

Sekarang kita membuat makanan yang dari khas Makassar ini yang dapat di pakai jadi cemilan atau makanan yaitu makanan pisang epe, akan tetapi jika kalian ingin membuat kalian menyediakan sebelumnya alat-alatnya, dan juga anda dapet sudah menyediakan arang-arangnya yang nanti untuk di pakai di bakar. Dan sebuah pemanis nya dan pilihan rasa, itu pilihan anda sendiri, atau selera anda sendiri, sehingga anda dapat memakai saus vanilla, atau coklat, durian, dan sebagainya yang sudah jadi.

Bahan utamanya :

  1. Pisang kapok yang sudah mateng.

Bahan sausnya :

  1. Gula merah atau gula jawa.
  2. Daun pandan.
  3. Garam dapur.
  4. Gula pasir.

Cara membuat pisang epenya :

Dengan kalian ingin membuat pisang kepoknya ini sama saja dengan membuat roti bakar, pisang yang mau di buat menjadi pisang itu sebelumnya di tipiskan atau di pipihkan, kemudian di kapok, kemudian di oleskan dengan margarin yang sudah di sediakan. Kemudian kalian oleskan dengan margarin dengan merata, dan bagian-bagian nya pastikan semua terkena margarin. Habis itu, pisang yang sudah di pipih tersebut, menggunakan panggangan yang sudah di sediakan.

Kemudian jika anda ingin jadinya menjadi maksimal, atau merata. Kalian memakainya dengan kipas tangan saja, akan tetapi jika kalian ingin memakai kipas angin itu juga boleh, jika kipas anginnya tidak terlalu besar. Dan juga pisang nya di lihat, dan juga jangan lupa di bolak balik biar tidak terlalu gosong nanti dan juga tidak menghitam di sisi-sisinya.

Untuk bahan-bahannya yang buat di pakai bikin sausnya, sehingga sebelumnya di cuci terlebih dahulu atau di cuci bersih, kemudian rebus lah air terlebih dahulu itu sampai mateng, setelah itu gula merahnya di masukkan, dan di aduk-aduk. Setelah gula cair, masukkan garam dan gula pasirnya. Terakhir kalian masukkan daun pandannya, kemudian di aduk-aduk sampai gula merah menyatuh dengan air.

Akan tetapi jika semuanya sudah di rasa tingkat kematangannya cukup dan dan sesuai selera anda. Kemudian angkatlah pisangnya, kemudian di taruh di piring sajian yang sudah di sediakan. Setelah itu, taruh lah tau taburkan dengan gula merah dan bahan tambahan lainnya. Misalnya keju yang di parut, coklat, durian atau bahan yang lainnya yang selera anda masing-masing.

Gimana menurut anda dengan pembuatan pisang epe ini yang dari khas Makassar, anda dapat mencoba membuat pisang epe ini di rumah anda masing-masing, semoga resep pembuatan pisang epe ini bermanfaat untuk kalian, dan selamat mencoba.

Leave a Reply