Home >> Gaya Hidup >> Tips Untuk Orang Tua untuk Cegah Bahaya Internet Bagi Si Anak
Mendampingi anak ketika berinternet

Tips Untuk Orang Tua untuk Cegah Bahaya Internet Bagi Si Anak

Jaringan internet memanglah sebuah aktifitas yang paling umum dan sering dijumpai disekitar kita, bahkan anak kecilpun sudah mulai mengenal adanya jejaring dalam internet, namun dalam factor beberapa hal juga sering ditemui kondisi yang sangat tidak boleh di jalankan oleh si anak, jika kita lihat, internet memang memiliki banyak manfaat namun tidak jarang juga dijumpai sisi negative atau dambak bahaya internet bagi si anak.

Nah untuk mencegah hal tersebut, anda sebagai orang tua pun juga harus bisa memantau serta mendidik anak terkait bahaya internet, untuk apa? Agar si anak dapat terhindar dari dampak internet yang semakin memperburuk akhlak si anak apabila tidak ada yang membimbingnya serta mendampingnya selama berinternet.

Anda pun tau sendiri bukan bagaimana isi internet yang terkadang muncul beberapa gambar animasi ataupun foto-foto yang merujuk pada hal yang negative, seperti foto yang tidak seharusnya dilihat contohnya saja foto – foto bugil dan juga berbau porno, jika si anak tidak dibimbing dan diawasi maka hal seperti diatas mungki akan membuat si anak menjadi kearah yang lebih negative lagi.

Oleh karena itulah anda sebagai orang tua harus memiliki tips utnuk si anak agar dapat tercegah dari bahaya internet, apa saja? jangan dilewatkan ya.

Tips-tips bagi orang tua untuk mencegah bahaya internet dari si anak

  • Lakukan pemantauan dan damping si anak

Ketika anak anda ingin melakukan jejaring internet, maka disarankan supaya melakukan pemantauan serta damping dia saat menggunakan internet, tujuannya agar anda tau bahwa dia tidak membuka situs-situs yang membahayakan si anak, dan juga cobalah utnuk menanyakan situs yang ingin dia kunjungi, dan lihatlah apakah situs itu berbau berita postif atau malah sebaliknya. Dan tentulah didalam setiap halaman browser terdapat laman yang bisa dilihat apa saja situs yang telah ia kunjungi.

  • Orangtua supaya memberikan aturan terhadap pemakaian internet

Untuk mendisiplinkan anak terhadap pemakaian waktu maka anda sebagai orang tua harus dapat memberikan anak beberapa aturan terhadap apa-apa yang berhubungan dengan alat elektronik, namun jangan dengan cara anda tiba-tiba memberikannya batasan yang anda buat sendiri, melainkan ajaklah anak anda untuk mempertimbangkan waktu yang berhubungan dengan kegiatannya yang mana juga berhubungan dengan alat elektronik, mungkin seperti dimana waktunya mereka harus menonton TV, bermain computer, browsing tugas di internet, serta waktu-waktu yang lain.

Saya kira dengan cara tersebut akan membuat anak menjadi lebih disiplin waktu, dan anak pun juga bisa lebih bijak dan tetap bisa menghargai pentingnya waktu, tentunya dengan manfaat lain anak juga dapat terhindar dari dampak bahaya dari jejaring internet.

  • Berikan password pada login internet

Cara ini sangat efektif dalam memantau si anak dalam pemakainnya terhadap internet, dan juga orang tua pun memberikan batasan bagi si anak dalam pemakaian internet, namun berikanlah kata sandi atau password yang tidak berbeda alias dalam satu keluarga itu tau apa password yang diberikan, dengan upaya demikian juga anda dapat memantau situs yang telah si anak kunjungi.

  • Orang tua supaya tau kebijakan layanan tempat berinternet

Maksudnya mungkin sekarang masih ada rumah yang tidak menyediakan layanan internet, bahkan computer saja masih belum memiliki, nah biasanya dalam beberapa penelitian banyak anak yang pergi mencari internet di warnet, dari situlah anda sebagai orangtua pastinya akan lebih minim untuk mengawasi anak dalam penggunaan internet bukan?

Untuk mengatasi hal demikian maka anda bisa melakukannya dengan cara mencari tau tentang apasaja kebijakan layanan yang di berikan tempat internet si anak tersebut, dan anda pun juga harus bisa memastikan bahwa layanan intenet yang diberikan tempat tersebut dapat aman dan bisa menghindari si anak dari bahaya internet alias berpengaruh positif.

  • Berikan nasehat pada si anak terkait jejaring internet

Setelah memberikan beberapa aturan, cobalah berikan si anak nasehat atau ajaklah untuk mengobrol, cobalah tanyakan bagaimana aktifitasnya setiap harinya, dan sehubungan dengan internet maka berikanlah nasehat tentang bahaya orang asing yang tidak dikenal dari media social, tanyakan pada mereka sehubungan dengan problem apa saja yang alami dan upayakan anda sebagia orang tua juga harus bisa membantu mereka sesulit apapun itu masalah yang mereka alami.

Dari sekian tips diatas mungkin bagi si anak akan menganggap orang tua mengekang kehidupan pribadi mereka, namun disisi lain mingkin hal demikian yang akan membuat si anak lebih disiplin waktu, dan disini saya sarankan supaya orang tua juga harus dapat menciptakan suasana menyenangkan atau ajaklah mereka jalan-jalan keluarga, ataupun bercanda ria, sering berkumbul dan berbagi cerita, dengan cara tersebut mungkin akan membuat mereka menjadi mengerti tentang aturan yang dibuat oleh orangtua.

Demikianlah artikel tentang tips untuk orang tua untuk cegah bahaya internet bagi si anak, dan menurut saya aturan tersebut memang sedikit membatasi si anak, namun itulah bukti kasih sayang orangtua untuk melindungi mereka dari bahayanya internet, bagi orangtua pun juga supaya memberikan waktu luang untuk berbagi pada si anak dan sering bersama anak agar merekapun menjadi nyaman bersama orangtua.

Leave a Reply