Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Macam-Macam Manfaat Garam
Manfaat Garam

Macam-Macam Manfaat Garam

Ternyata bukan hanya untuk penyedap masakan, garam pun menjadi bahan kesehatan bagi wanita. Tentunya untuk kulit wajah yang bermasalah. Dengan menggunakan manfaat garam kita bisa membasmi masalah – masalah yang kita hadapi.

Banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh garam, dan manfaat itu akan berkhasiat jika kita benar – benar mengerti manfaatnya.

Manfaat garam untuk kesehatan :

  • Pasta gigi

Ternyata garam juga bisa digunakan sebagai pasta gigi. Antibakteri yang dimilki oleh garam menjadikan garam bagus untuk pasta gigi. Cara yang harus dilakukan untuk membuat pasta gigi dari garam tidaklah sulit, anda cukup mencampurkan garam dengan baking soda dengan takaran 1 banding 3 setelah itu tambahkan juga minyak esensial beraroma cengkeh atau beraroma mint. Anda bisa menjadikan pasta gigi garam ini menjadi pasta gigi bubuk ataupun berbentuk pasta, terserah selera anda. Selain mudah membuatnya, pasta gigi terbuat dari garam juga murah serta lebih baik disbanding yang lain karena garam mempunyai kandungan antibakteri.

  • Deodoran

Jangan heran jika garam juga bisa digunakan untuk deodoran, garam sangatlah ampuh mengusir bau badan yang menyengat karena garam memiliki kekuatan untuk membunuh bakteri penyebab bau badan. Untuk anda yang baru mencukur bulu ketiak jika langsung diolesi garam sebagai deodoran, maka akan sedikit rasa sengatan pada pori – pori ketiak anda.

  • Masker

Masker dari garam dapat menghilangkan masalah wajah kita yaitu masalah wajah berminyak dan juga masalah wajah yang berjerawat. Caranya mudah hanya melarutkan garam dengan secangkir air lalu tambahkan madu murni sebanyak tiga sendok makan, setelah semuanya tercampur, anda bisa langsung mengaplikasikan masker garam ke kulit wajah. Kemudian jika masker sudah merata di kulit wajah diaman selama kurang lebih 15 menit setelah itu bersihkan dengan menggunakan air hangat. Manfaat menggunakan masker garam adalah mengurangi peradangan kulit dan menyembuhkan kulit berjerawat lebih cepat.

  • Mandi

Berendam dengan menggunakan air garam bisa mengurangi rasa pegal – pegal pada otot dan sendi serta mengurangi peradangan pada kulit tubuh. Campurkan air dalam bak mandi dengan garam dan tambahkan aroma herbal kering yang anda sukai lalu gunakan untuk merendam tubuh.

  • Obat kumur

Tenggorokan yang sakit bisa diatasi dengan garam yaitu menjadikan garam untuk berkumur. Selain untuk menyembuhkan tenggorokan yang sakit, berkumur dengan air garam juga bisa menghilangkan bakteri yang ada di mulut. Jangan khawatir dalam menggunakan garam untuk berkumur karena garam ialah obat kumur yang baik tanpa ada zat kimia yang terkandung. Dan jika anda ingin merasakan kesegaran setelah berkumur dengan garam, anda bisa mencampurkan minyak esensial mint satu tetes atau dua tetes.

  • Scrub

Exfoliant alami yang terkandung dalam gara dapat bermanfaat untuk menghaluskan kulit wajah maupun kulit tubuh kita. Jika anda ingin menjadikan garam sebagai scrub maka yang harus anda siapkan ialah garam secangkir, minyak wijen atau minyak almond tiga per empat cangkir dan minyak esensial favorit anda sebanyak 20 tetes. Cara menggunakan scrub dari garam sama seperti menggunakan scrub pada biasanya. Jika anda memiliki kulit yang kering anda dapat menngunakan scrub dari garam.

  • Perawatan luka

Selain garam sebagai perawatan kecantikan tubuh kita, garam juga bisa digunakan untuk merawat luka. Dengan antimikroba pada garam menjadikan garam memiliki kekuatan untuk membunuh kuman – kuman pada luka. Caranya tunggu luka hingga pendarahannya berhenti jika memang mengalami pendarahan, lalu oleskan garam pada luka agar bakterinya hilang dan cara ini dapat mempercepat penyembuhan luka.

  • Pembersih hidung

Jika anda ingin lancar dalam pernafasan, anda juga harus rajin membersihkan indra pernafasan yaitu hidung. Nah dengan garam kita juga bisa membersihkan hidung kita dengan cara masukan air dan garam ke neti pot, setelah itu teteskan campuran air garam ke dalam hidung. Miringkan hidung agar air garam dapat masuk ke rongga hidung, pindah kemiringannya lalu tundukan kepala.

Itulah beberapa manfaat garam untuk kesehatan yang dapat saya sampaikan untuk anda, semoga bermanfaat dan membantu masalah yang anda alami.

Leave a Reply