Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Penyebab Dengkuran Saat Tidur dan Cara Mengatasinya
Mendengkur Saat Tidur

Penyebab Dengkuran Saat Tidur dan Cara Mengatasinya

Mendengkur adalah suatu gejala suara yang timbul ketika seseorang sedang dalam keadaan tidur pulas, akan tetapi jarang sekali orang yang ketika sedang tidur itu terbangun karena mendengar suara dengkurannya, dan taukah anda bahwa adanya dengkuran bukannya hanya gejala biasa, namun dengan adanya kondisi seseorang ketika sedang tidur itu mendengkur berarti orang tersebut sedang mengalami gangguan kesehatan dalam tubuhnya.

Sebenarnya apakah yang menyebabkan dengkuran pada saat tidur?

Adanya dengkuran pun ternyata bukan halnya suatu suara yang biasa, namun beberapa faktor yang menyebabkan dengkuran itulah yang menjadikannya ada sesuatu yang tidak beres dalam sirkulasi tubuhnya, nah sebagian info mengatakan bahwa adanya dengkuran juga karena kurangnya oksigen yang masuk kedalam tubuh penderita yang mana terjadi ketika ia sedang kondisi tidur.

Informasi lainnya dari penyebab dengkuran juga karena adanya saluran pernapasan yang sempit alias tidak bisa masuk secara bebas, entah sempitnya lubang tenggorokan untuk pernapasan ataupun lubang hidung sebagai tempat lewatnya pertukaran oksigen yang akan masuk kedalam tubuh yang mana fungsinya juga sebagai pengontrol dari banyak sedikitnya udara yang akan masuk.

Beberapa faktor penyebab seseorang itu mendengkur

  • Faktor berat badan

Dengkuran saat tidur juga dipengaruhi ketika seseorang sedang bermasalah dengan berat badannya yang berlebih, yang mana jaringan lemak dalam tubuhnya itu lemah, hal itulah yang menyebabkan seseorang menjadi mendengkur saat tidur.

  • Faktor Umur

Umur juga termasuk faktor penyebab adanya dengkuran loh, mengapa? Karena semakin bertambahnya umur manusia tentunya manusia juga akan semakin tua, dan adanya semakin tua maka jaringan dalam tubuh entah itu otot ataupun saluran dalam tenggorokan pun menjadi sempit, dan alhasil udara yang masuk pun menjadi tidak bebas bergerak keluar masuk,dan itulah yang juga akan menyebabkan seseorang mendengkur saat tertidur pulas.

  • Terganggunya saluran pernapasan pada hidung

Ketika seseorang yang sedang mengalami gangguan saluran pernapasan tepatnya pada hidung contohnya seperti pilek, hidung tersumbat, maka faktor demikianlah yang juga membuat seseorang menjadi mendengkur saat tidur, karena ketika sedang mengalami gangguan seperti diatas maka saluran untuk keluar masuknya oksigen pun menjadi berkurang.

  • Tidur telentang

Disarankan untuk anda agar mengambil posisi tidur dengan miring kekanan, karena jika anda mengambil posisi tidur telentang maka akan menjadikan rilexnya otot daging tenggorokan, yang mana jika otot tenggorokan rilex, saluran untuk keluar masuknya oksigenpun menjadi berkurang.

Mengatasinya dengan mengetahui pola mendengkur saat tidur

Jika anda ingin menghilangkan kebiasaan mendengkur anda ketika sedang dalam kondisi tertidur maka ada cara tepat yang dapat anda lakukan, nah cara ini dapat anda lakukan dengan mencari tau terlebih dahulu dari faktor apakah anda bisa mendnegkur saat tidur.

Kemudian langkah berikutnya yaitu meminta kerjasama dari salah satu keluarga anda sendiri, gunanya agar dapat merekam pola mendengkur anda ketika sedang tidur, dengan kegiatan seperti inilah anda bisa mengetahui lebih detail terkait pola dengkuran anda dan tentunya akan lebih mudah dan tepat untuk diatasi

Yuk, cari tau pola dengkuran apa saja saat tidur

Dengkuran yang terjadi disaat anda sedang tidur memanglah disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya dari pola dengkuran ketika anda tidur, dan kali ini saya akan menjelaskan satu persatu dari jenis pola tidur yang menjadi dampak adanya dengkuran. Bahkan pola dengkuran yang akan saya bahas ini akan memberitahu penderita untuk mengetahui permasalahan terhadap gangguan kesehatan tubuh anda. Langsung saja ya

  • Pola mendengkur dalam kondisi mulut menganga/terbuka

Hal ini dapat disimpulkan dan dipastikan bahwa dalam saluran udara tepatnya ditenggorokan terdapat gangguan pernapasan.

  • Pola mendengkur dalam kondisi mulut Tertutup

Pola dengkuran yang seperti ini berarti adanya gangguan pada bagian lidah.

  • Posisi dengkuran ketika tidur telentang

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa tidur telentang juga akan membuat penyempitan udara pada tenggorokan, hal ini cukup anda atasi dengan merubah cara tidur anda (posisi tidur) ke arah kanan atau menyamping.

  • Kondisi mendengkur disemua posisi ketika anda tidur

Pola tidur yang satu ini menunjukan jenis dengkuran yang sudah parah dan memang diperlukan cara mengatasinya yang lebih intensif.

Sudah tau kan? Oleh karena itulah mendengkur juga bisa menjadi tanda untuk penderita bahwa adanya gangguan pada sirkulasi pernapasan dan juga kondisi tubuh, maka dari itu disarankan bagi anda supaya mengatur pola kesehatan anda serta pola tidur dan menjadi lebih teratur lagi.

Leave a Reply