Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Kandungan Nutrisi serta Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kacang Hijau

Kandungan Nutrisi serta Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Tanaman jenis polong – polongan yang satu ini banyak sekali memilki kandungan nutrisi ataupun khasiat dan juga banyak memiliki manfaat. Apa lagi kalau bukan kacang hijau ? nah kacng hijau ini banyak sekali kelebihannya, untuk anda yang belum mengetahui ataupun yang sudah mengetahui baca terus ya, karena artikel ini akan menambah pengetahuan kalian.

Tanaman kacang hjau mempunyai nama lain yaitu Vigna Radiata (Fabaceae). Sebenarnya kacang hijau ini masih termasuk saudara dari beberapa macam kacang – kacangan, seperti kacang polong, kacang kedelai dan juga kacang panjang. Umumnya di indonesia kacang hijau dijadikan bubur, dan paling sering diolah jika bulan puasa tiba (bulan ramadhan). Jika kacang hijau diolah menjadi bubur biasanya dicampuri dengan ketan hitam, bagi yang suka ketan hitam.

Tidak heran lagi jika kacang hijau sangat diminati oleh banyak orang, ya karena banyak sekali manfaat dan nutrisi di dalamnya. Terkenal juga sebagai makanan para tentara, orang bilang agar ototnya kuat, lebih pinter serta kebutuhan nutrisinya tercukupi. Memang benar jika kita mengkonsumsi kacang hijau kebutuhan nutrisi kita tercukupi, otak kita lebih cerdas dan juga energi kita menjadi bertambah. Itu karena kacang hijau memiliki kandungan yang istimewa, seperti di bawah ini.

Kandungan Nutrisi dalam Kacang Hijau :

  • Sumber Mineral

Terbukti jika kacang hijau kaya akan mineral, berikut adalah rinciannya untuk 100 gram kacng hijau, fosfor (99 mg), kalsium (27 mg), potasium (266 mg), mangan (48 mg), zat besi (1,4 mg), selenium (2,5 mg), zinc (0,8 mg), magnesium (o,3 mg).

  • Kaya Vitamin

Banyak vitamin yang terkandung dalam kacang hijau, yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, asam folat, riboflavin, pantothenat, niasin serta thiamin. Kesemuanya itu akan membatu dalam meningkatkan metabolisme tubuh dan energi tubuh.

  • Kaya Protein

Dalam 100 gram kacang hijau terdapat protein sebanyak 7 gram. Bagi vegetarian bisa mengkonsumsi kacang hijau sebagai protein alternatif, karena protein membuat kita kenyang lebih lama. Selain itu protein juga banyak fungsinya yaitu proses pemulihan lebih cepat, daya tahan tubuh yang kita miliki lebih meningkat serta dalam pembentukan sel – sel otot bisa terbantu.

  • Antioksidan

Kacang hijau bisa sebagai antioksidan karena kacang hijau memilki Fitosterol.

  • Kaya Omega – 3

Dalam 100 gram kacang hijau omega – 3 yang terkandung sebanyak 0,9 mg dan juga 199 mg omega – 6. Yang mana minyak esensial ini berguna untuk menjegah terserangnya penyakit jantung dan juga menurunkan kolestrol yang tinggi.

  • Kaya Serat

Terdapat 7,6 gram serta yang terkandung dalam 100 gram kacang hijau. Dengan itu kita bisa terpenuhi kebutuhan serat kita dalam sehari sebanyak 30 persen. Serat dalam tubuh kita bermanfaat sebagai pembantu agar kita tidak tersembelit, saluran cerna juga terjaga serta bisa juga untuk menurunkn kadar kolestrol tinggi.

  • Rendah Lemak

Jika anda ingin mengurangi lemak, anda bisa mengkonsumsi kacang hijau dalam menu makan anda karena kacang hijau kadar lemaknya rendah, jadi cocok untuk anda yang sedang melakukan proses penurunan lemak.

  • Kaya Karbohidrat

Di dalam kacang hijau juga terkandung karbohidrat yaitu jika kacang hijau sebanyak 100 gram maka karbohidrat yang terkandung 19 gram. Karbohidrat sangatlah diperlukan oleh tubuh kita, mak dari itu kita harus memenuhinya.

Beberapa kandungan nutrisi yang dimiliki oleh kacang hijau mempunayi manfaat tersendiri. Ini dia manfaatnya akan saya jelaskan di bawah ini.

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan :

  • Mengurangi Resiko Terserangnya Penyakit Jantung

Serat dalam kacang hijau membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

  • Membantu Proses Pertumbuhan

protein sangat membantu dalam pertumbuhan apa lagi bagi pertumbuhan anak – anak.

  • Penyerapan Nutrisi bisa Terbantu

Vitamin B6 bisa membantu dalam melancarkan metabolisme dalam tubuh sehingga nutrisi bisa terserap maksimal.

  • Resiko Terkena Penyakit Anemia Kecil

Zat besi dan juga zinc yang terkandung dalam kacang hijau bisa berfungsi untuk mengurangi resiko penyakit anemia.

  • Pembantu dalam Menyembuhkan Luka

Bisa membantu dalam proses penyembuhan luka pada kulit karena kacang hijau mengandung vitamin A.

  • Mencegah Kanker Usus

Selain serat dalam kacang hijau membantu mengurangi penyakit jantung ternyata serat juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker usus.

  • Penurun Kolestrol Tinggi

Lemak yang sedikit dimiliki oleh kacang hijau bisa membantu anda dalm proses penurunan kolestrol bagi anda yang emempunyai kolestrol tinggi.

  • Aliran Darah Semakin Lancar

Kacang hijau bisa membantu tubuh menghilangkan atau memusnahkan lemak jenuh yang terdapat dalam arteri sehingga darah bisa mengalir dengan lancar.

  • Baik Untuk Ibu Hamil

Vitamin B1, vitamin B6, asam folat, protein, lemak tak jenuh, fosfor, karbohidrat serta kalsium yang terdapat dalam kacang hijau sangat baik untuk ibu hamil karena membantu pertumbuhan janin.

  • Membantu Pertumbuhan Sel Baru

Pertumbuhan sel baru pada tubuh bisa terbantu oleh kacabg hijau dikarenakan kacang hijau mempunyai protein yang lengkap sehingga membantu pertumbuhan sel.

  • Terjaganya Kesehatan Gigi dan Tulang

Kacang hijau ternyata juga berpengaruh pada gigi dan tulang karena kacang hijau mengandung kalsium serta phosphor sehingga regenerasi gigi dan tulang pun terbantu.

  • Peningkat Kinerja Syaraf Otak

Kinerja Otak bisa ditingkatkan dengan adanya vitamin B1 yang terdapat dalam kacang hijau.

Leave a Reply