Home >> Wisata >> Pantai Kuta, Ikon Wisata Bahari Pulau Dewata yang Memancanegara
Pantai Kuta

Pantai Kuta, Ikon Wisata Bahari Pulau Dewata yang Memancanegara

Pantai kuta dulu hanyalah suatu desa yang tenang dengan ombak indah yang jauh dari keramaian. Namun, sekarang pantai ini telah menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Bahkan, pantai ini telah menjadi tempat wisata yang sangat populer sampai ke penjuru dunia. Pantai ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati wisata bahari.

Ketika kita berwisata di tempat ini, kita dapat berselancar, berenang, atau bahkan berjemur di pantai kuta yang elok dan eksotik. Wisatawan yang datang ke sini hanya menggunakan pakaian kasual dengan mengenakan kaos, celana pendek, dan sandal jepit untuk berjalan-jalan di sekitar pantai kuta. Saat berada di sini, kita akan mendapati para wisatawan benar-benar dalam suasana liburan.

Pantai Kuta dan Beragam Pesonanya

Ketika mendengar kata pantai, timbullah rindu akan suasana bermain pasir dan menikmati keindahan alam beserta ombaknya. Pantai kuta yang membentang dengan panjang kurang lebih 2 km ini menawarkan keindahan yang sangat menawan. Keadaan pasir putih yang begitu indah dan pesona sunset (di saat matahari tenggelam) merupakan fenomena yang mengesankan bagi setiap wisatawan yang tengah menikmatinya.

Di pantai kuta ini biasanya juga digunakan sebagai tempat olahraga laut. Misalnya, berlayar, selancar, menyelam, ataupun memancing. Bagi para peselancar pemula, mereka dapat menyewa papan selancar dengan harga berkisar antara Rp 25.000 s.d. Rp 30.000 tiap harinya. Apabila mereka ingin didampingi pelatih selancar, mereka hanya dibebani biaya sebesar 75.000 rupiah. Ombak pantai ini telah mampu menarik decak kagum peselancar luar negeri yang merasa tertantang untuk menaklukkan ombaknya. Tidaklah heran, jika pantai ini digunakan sebagai tempat kejuaraan selancar tingkat dunia.

Selain terkenal dengan pantai dan sunsetnya, pantai kuta juga dikenal sebagi pusat hiburan malam di Pulau Dewata. Bahkan, kuta juga menawarkan fasilitas yang lengkap, misalnya saja: pusat perbelanjaan, galeri, restoran, butik, dan tempat penginapan (hotel). Dimulai dari hotel kecil dengan harga terjangkau sampai resort mewah. Letaknya juga sangat strategis karena dekat dengan bandara Ngurah Rai Pulau Bali.

Hotel di sekitar pantai kuta sebagian besar dekat dengan pusat pertokoan. Walaupun begitu, hotel-hotel tersebut terhindar dari kebisingan. Hal ini karena hotel-hotel itu berada di antara kebun-kebun tropis khas Bali. Selain itu, akses yang digunakan sangatlah mudah dari hotel menuju pantai. Beberapa hotel yang ada di sekitar kuta, misalnya: Hard Rock Hotel, Aneka Beach Hotel, dan beberapa hotel lainnya yang juga berada didekat pantai, bahkan ada hotel yang menghadap ke pantai.

Pantai Kuta dan Fasilitas-fasilitas Penunjangnya

Pantai kuta juga dikenal sebagai kawasan Pusat Pengembangan Pariwisata daerah. Fasilitas laksana spa, restoran, hiburan, dan tempat penginapan dengan harga sewa yang bervariasi sangat banyak jumlahnya. Jika kita ingin menikmati keindahan pantai kuta Bali, kita dapat menempuh perjalanan dengan jalan kaki, mobil, atau alat transportasi tradisional.

Terdapat beraneka ragam restoran lokal dan internasional yang menawarkan kuliner khas Bali. Restoran-restoran ini terdapat di sekitar pantai kuta. Selain itu juga terdapat banyak toko yang menjual souvenir yang menawarkan berbagai macam barang untuk dibeli sebagai oleh-oleh. Souvenir tersebut berupa pakaian, kerajinan tangan, lukisan, dan beragam barang unik lainnya.

Model wisata pantai kuta terbagi atas dua model, yaitu wisata alam dan wisata non-alam. Wisata alam dapat dinikmati dengan berkunjung ke pantai, sementara wisata non-alam dapat dinikmati dengan berkunjung ke berbagai pusat keramaian yang ada di sekitar area pantai.

Leave a Reply