Home >> Wisata >> Pantai Kuta Lombok Laksana Surga yang Disembunyikan
Pantai kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok Laksana Surga yang Disembunyikan

Pantai kuta Lombok merupakan pantai terindah yang masih perawan. Dikatakan perawan karena pantai ini belum terjamah oleh tangan-tangan manusia. Pantai ini berlokasi di Desa Kuta, Kabupaten Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jaraknya dari Kota Mataram kurang lebih sejauh 56 km. Pasir putih di pantai ini terlihat lebih halus dibandingkan dengan pasir pantai pada umumnya. Hal ini menjadikan pantai ini dikenal dengan sebutan lain, yaitu pantai merica. Pasir putih pantai kuta Lombok indah terbentang luas di pinggiran laut yang berhadapan langsung dengan samudera hindia.

Pantai Kuta Lombok dan Pesona Keindahannya

Pantai kuta Lombok mempunyai butiran-butiran pasir putih yang berbentuk relatif besar laksana merica. Selain itu, pantai ini juga memiliki lautan biru yang berbentuk setengah lingkaran yang berkelok dan dikelilingi hijaunya perbukitan. Hal inilah yang menambah keindahan pantai kuta.

Keunikan yang dimiliki pantai kuta Lombok terdapat pada butiran-butiran pasir yang berbentuk bagai merica dan tidak bisa didapatkan di pantai-pantai lain di Indonesia. Hal ini membuat kita merasakan sensasi yang sanga berbeda dan nyaman ketika berjalan-jalan dipinggiran pantai tanpa alas kaki. Selain pemandangan yang begitu indah, lokasi pantai kuta Lombok asri dan menakjubkan juga dikenal sebagai tempat berselancar. Sudah banyak wisatawan dan para peselancar yang mencoba menaklukkan ombak di pantai ini.

Pantai kuta Lombok masih sangat sepi akan pengunjung, terlebih pada hari kerja. Hal inilah yang menjadikan nilai plus pantai ini. Ketika kita berkunjung ke sini, kita akan merasakan laksana mempunyai pantai pribadi. Hanya terdapat sedikit pengunjung ditambah beberapa penjual pernak-pernik khas Lombok yang hilir mudik menawarkan barang dagangannya. Tempat ini sangatlah cocok untuk menghilangkan kepenatan karena rutinitas sehari-hari.

Pantai Kuta Lombok dengan Legenda dan Fasilitas-fasilitas Penunjangnya

Pantai kuta Lombok mulai menjadi tempat pariwisata sejak berdirinya hotel-hotel baru di sekitar pantai. Selain terdapat keindahan yang dapat dinikmati wisatawan setiap berkunjung ke pantai ini, juga ada upacara Sasak yang dilaksanakan setahun sekali, yaitu pada bulan Februari atau Maret. Upacara ini dikenal dengan nama upacara Bau Nyale. Dalam pelaksanaan upacara tersebut, para pelaut sama mencari cacing nyale di laut.

Berdasarkan desas desus yang berkembang di masyarakat sekitar pantai, diceritakan bahwa dahulu ada seorang putri berparas cantik dan berambut panjang. Putri tersebut bernama Putri Mandalika. Di saat mendapat banyak lamaran dari para pangeran dan pemuda, Putri Mandalika merasa bingung dalam mengambil keputusan. Oleh karenanya, ia pun terjun ke laut. Sebelum itu, ia berjanji akan kembali setahun sekali kepada masyarakat. Hal inilah yang membuat pantai kuta Lombok juga dikenal dengan nama pantai mandalika.

Untuk memperingati dan menanti kedatangan Putri Mandalika, masyarakat pun mengadakan upacara nyale. Menurut kepercayaan juga, nyale atau cacing laut ini merupakan jelmaan rambut panjang Putri Mandalika. Masyarakat setempat juga meyakini jika pasir berbentuk merica yang terdapat di pantai kuta Lombok merupakan sarang nyale yang jumlahnya sampai jutaan.

Lokasi pantai kuta Lombok sangatlah mudah dijangkau. Hal ini disebabkan oleh lokasi pantai yang tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok. Jarak tempuh yang dibutuhkan dari bandara ke pantai kurang lebih berkisar setangah jam. Selama perjalanan tersebut, kita akan melewati Desa Wisata Sade. Desa ini dikenal akan kerajinan tenunnya.

Walaupun pantai ini masih belum ramai dikunjungi para wisatawan, kita tak perlu khawatir dengan masalah penginapan. Hal ini disebabkan oleh keindahan pantai yang dimiliki pantai kuta Lombok, menjadikan objek wisata ini dilirik beberapa hotel besar. Misalnya: Novotel Coralia, Bungalow Cockatoo, dan Segara Anak Bungalow. Selain itu juga terdapat penginapan-penginapan kelas melati di sekitar pantai.

Leave a Reply