Home >> Sayuran & Buah >> Jenis – Jenis dan Manfaat Buah Durian
jenis dan manfaat durian

Jenis – Jenis dan Manfaat Buah Durian

Dengan terkenalnya buah durian di negara kita, membuat buah durian di sukai oleh banyak orang. Selain banyak jenis yang dimilki buah durian, buah durian juga mempunyai manfaat bagi tubuh kita. Apa manfaatnya ? Untuk mengetahui manfaat yang dimiliki oleh buah durian, mari kita simak tulisan berikut ini.

enis – Jenis Buah Durian :

  • Durian Montong. Jenis durian ini sangat banyak penggemarnya karena mempunyai daging yang sangat tebal dan bijinya pun tipis sehingga menjadikan pemakan lebih puas. Umumnya durian momong bentuknya memanjang (lonjong), durinya kecil dan berbentuk kerucut, aromanya sangat menusuk hidung dan manisnya pun tidak bisa di pungkiri (manis legit). Durian montong juga mempunyai berat kurang lebih 2 hingga 4 kg serta durian ini asli dari Thailand.
  • Durian Sidodol. Mempunyai daging seperti durian montong (tebal dan manis gurih). Durian sidodol biasanya di temukan di kabupaten Banjar tepatnya di karang intan Kalimantan selatan.
  • Durian Tembaga. Bukan berarti durian ada tembaganya, namun warna yang dimilki kekuning – kuningan seperti tembaga dan akhirnya durian ini di namakan durian tembaga. Durian tembaga terdapat di kepulauan Riau. Jika anda pergi ke kepulauan Riau jangan lupa untuk mencicipi durian tembaga yang lezat.
  • Durian Matahari. Aroma yang di keluarkan harum tetapi tidak setajam durian montong, rasanya manis bewarna kuning seperti matahari, dan memiliki duri yang besar – besar ukurannya. Jika anda ingin menemukan durian matahari, sepertinya anda harus berkunjung di daerah cimanggu Bogor.
  • Durian Petruk. Namanya yang unik seperti perwayangan ini di hasilkan dari daerah Jepara Jawa tengah. Walaupun durian ini sangat populer pada tahun 80 – an pada era sekarang durian ini juga masih populer karena banyak masih banyak yang mencari durian petruk. Bentuknya unik seperti mangga sedikit lonjong dan mempunyai daging yang tebal serta rasanya yang mendukung manis pahit.
  • Durian Bokor. Para penggila durian sering kali mencari – cari durian bokor mungkin bentuknya yang cukup besar, rasanya manis pahit, daging yang lembut dan tebal serta aroma yang menggoda. Asal durian bokor ialah dari daerah Majalengka Jawa berat.
  • Durian Merah. Dari namanya saja sudah jelas berbeda dengan durian yang lainnya tentunya isinya juga berbeda. Durian merah mempunyai bentuk yang anut dan durinya renggang – renggang. Uniknya lagi durian ini berwarna merah lain dengan durian –durian biasanya. Daging yang tebal serta rasa manisnya menusuk lidah. Asal mula durian merah yaitu dari daerah Banyuwangi Jawa timur.

Manfaat Buah Durian :

  • Penangkal depresi. Buah durian mempunyai kandungan vitamin B6 untuk memproduksi serotonin yang bertujuan agar menangkal depresi pada diri kita.
  • Solusi untuk tidak mudah capek. Dalam 100 gram buah durian bisa mencukupi kebuhutan karbohidrat sebesar 21 persen.
  • Sebagai nutrisi tulang dan gigi. Selain B6 yang terkandung oleh buah durian, buah durian juga mengandung B1, B2, kalium serta kalsium yang berfungsi untuk menyuplai berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang dan gigi.
  • Sehat dan lancarnya pencernaan. Dengan serat yang dipunyai oleh buah durian mengakibatkan pencernaan kita lancar.
  • Solusi awet muda. Vitamin C yang tinggi di dalam buah durian sehingga melambat proses akibat penuaan kulit.
  • Menstabilkan kadar gula dalam darah. Buah durian juga bisa menjadi pengontrol kadar gula dalam darah karena di dalam buah durian terdapat mangan.
  • Solusi untuk kurang darah atau anemia. Peneyebab penyakit anemia ialah kekurangan tembaga, folat dan zat besi. Nah di dalam buah durian terdapat tembaga, folat serta zat besi sehingga bisa mengatasi gejala anemia.

Leave a Reply