Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Minuman Soda Membahayakan? Masa Iya Sih?
Ilustrasi Minum Soda

Minuman Soda Membahayakan? Masa Iya Sih?

Minuman bersoda memang banyak sekali penggemar dan peminatnya. Tak sedikit dari kalangan remaja, orang dewasa sampai anak kecil  yang mengkonsumsi minuman segar ini. Memang nikmat sekali minuman bersoda ini, sangat menggoyangkan lidah serta  segar di tenggorokan. Apalagi kita meminumnya ketika berpergian dalam cuaca panas. Glek..glek josss..

Tapi apakah tidak pernah terlintas dipikran anda akan nilai gizi atau kesehatan yang terkandung dari soft drink ini? Apakah itu menyehatkan atau malah sebaliknya? Apakah kandungan gizi nya sesuai dengan kesegaran nya? Mari kita simak apa efek samping atau bahaya dari mengkonsumsi minuman bersoda ini.

  • Asam fosfat

Asam folat yang berlebihan akan mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap fungsi juga dapat menyebabkan penyakit tulang yaitu osteoporosis, gigi dapat berlubang juga. Asam fosfat juga sangat berinteraksi dekat dengan asam lambung, efeknya akan memperlambat bahkan bisa menghilangkan penyaringan gizi.

  • Aspartam

Berguna sebagai pengganti peran gula. Ini merupakan gula buatan, atau kimia yang bisa saja lebih membahayakan. Aspartam sangat berkaitan erat degan hampir berbagai jenis masalah kesehatan yang jenis nya berbeda-beda. Ini berubah menjadi mentanol pada suhu badan yang hangat dan menghancurkan mentanol menjadi asam formik dan formaldehida. Hal ini juga menyebabkan berlebihnya lemak dalam perut.

  • Gula

fakta yang membuktikan bahwa gula meningkatkan kadar insulin yang dapat menyebabkan tekanan darh tinggi , kolestrol tinggi, penyakit jantung , diabetes, berat badan, dan penuan dini. Terlalu banyak soda mencakup lebih dari 100 persem dari RDA gula

  • Kafein

Minuman yang menggandung kafein dapat menimbulkan masalah yang cukup serius seperti, kegelisahan, insomnia, tekanan darah tinggi, denyut jantung tidak teratur, kadar kolesterol darah meningkat, pengurangan vitamin san mineral, benjolan payudara dan mungkin beberapa jenis kanker.

 

Macam-macam diatas adalah zat yang terkandung dari minuman bersoda ini. Selain penyakit yang saya sebutkan diatas. Minuman bersoda ini juga lambat laun akan menyebabkan obesitas yang terjadi pada orang dewasa atau anak, memicu diabetes gestasional pada ibu hamil, pembusukan pada gigi, jantung berdebar, bisa mengurangi jumlah serta kualitas sperma, perapuhan pada tulang, penurunan daya tahan tubuh, dan yang lebih parahnya lagi anda kecanduan minuman soda ini dan sangat sukar untukmeningglkannya. Berhati-hatilah!

Tahukah anda hal apa yang lebih kejam terdengar dari soft drink ini? Mungkin hal ini bisa anda buktikan sendiri dirumah.

  1. Menghilangkan bangkai hewan

Coba anda buktikan dengan memasukan bangkai cicak kedalam air bersoda, kemudian anda tutup botol minuman soda dengan rapat. Kemudian tunggulah selama 1 hari atau 24 jam. Maka tubuh cicak akan menghilang secara tiba-tiba itu dikarenakan keasaman soda yang sangat tinggi.

  1. Menghilangkan titik karat

Dari chrome atau bumper mobil: rendamlah gumapalan alumunium foildalam air soda, kemudian gosok bumper dengan gumpalan tersebut.

  1. Membersihkan radiator mobil

Campurlah sekaleng minuman bersoda kedalam radiator mobil. Panaskanlah selama 15-30 menit. Kemudian dinginkan mesin lalu buang air radiator nya. Lihatlah karat yang rontok bersama air bersoda tersebut.

  1. Membersihkan korosi

Dari terminal aki mobil. Tuangkanlah sekaleng soda diatas terminal aki untuk membersihkannya.

  1. Menghilangkan noda pada pakaian

Tuangkanlah sekaleng soda kedalam tumpukan baju yang bernoda lemak, tambahkan detergent lalu masukan kedalam mesin cuci dan putarlah dengan putaran normal. Maka sekaleng soda akan membantu anda menghilangkan noda lemak pada baju anda.

  1. Membersihkan toilet

Tuangkan sekaleng soda kedalam closet. Tunggulah selama 1 jam, lalu siram sampai bersih. Asam sitric dalam soda menghilangkan noda-noda pada closet.

Sekarang anda bisa mengambil kesimpulan bukan? Bagaimana efek dari kesegaran minuman bersoda? Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi minuman

Semoga bermanfaat

Leave a Reply