Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Diare, Jangan Sedikit – Sedikit Minum Obat! Atasi Dengan Cara Alami Ini.
Diare, Jangan Sedikit – Sedikit Minum Obat! Atasi Dengan Cara Alami Ini.

Diare, Jangan Sedikit – Sedikit Minum Obat! Atasi Dengan Cara Alami Ini.

Diare adalah saat dimana kondisi ketika BAB yang kalian keluarkan menjadi ancer atau cair. Banyak faktor yang dapat menyebabkan diare, misalnya virus lambung, iritasi usus karena keracunan makanan tertentu, bakteri, atau bisa juga karena lingkungan yang kurang bersih serta kebiasaan – kebiasaan yang tidak sehat dan dilakukan secara berturut – turut, contohnya tidak mencuci tangan sebelum makan.

Pada saaat mengalami diare, tubuh akan banyak kehilangan cairan karena semua cairan yang kalian asup akan dikeluarkan lagi melalui saluran pembuangan. Yang pada akhirnya bisa menyebabkan dehidrasi. Bila tidak ditangani dengan segera, diare bisa menyebabkan kematian, akibat dari banyak nya cairan tubuh yang hilang.

Oleh karena itu, apabila kalian menderita diare jangan sedikit – sedikit minum obat. Apa salahnya kalau kalian bisa melakukan penyembuhannya dengan cara yang herbal dan pastinya alami? Atasi dengan cara alami berikut ini!

  1. Konsumsi BRAT.

Apa itu BRAT? Singakatan yang berarti pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang (Banana, Rice, Apple Sauce, Toast) BRAT ialah makanan yang paling baik saat kalian sedang mengalami diare. Sebab ke – 4 makanan ini mudah dicerna, sehingga tidak menyebabkan iritasi lebih lanjut pada sistem pencernaan kalian. Makanan – makanan ini juga baik dikonsumsi bagi kalian yang menderita diare, dikarenakan mereka memiliki sifat sebagai “pengikat”.

  1. Minum Oralit.

Pada saat kalian terkena diare, segeralah meminum cairan yang mengandung elektrolit untuk menjaga cairan tubuh yang telah hilang karena diare. Bila kalian tidak menemukan oralit bubuk di daerah kalian, kalian bisa membuat oralit dari bahan – bahan alami berikut ini!

  • 200ml atau 1 gelas belimbing air matang.
  • 2 sendok teh gula pasir.
  • ½ sendok teh garam halus.

Campurkan semua bahan di atas tersebut hingga larut. Silahkan minum langsung. Agar oralit dapat bekerja secara maksimal, maka kalian perlu mengetahui ketentuan atau aturan atau dosis dalam meminum obat tersebut, perinciannya sebagi berikut:

  • Usia kurang dari 1 tahun, diberikan obat setelah 3 jam diketahui mengalami diare sebanyak 1½ gelas, dilanjutkan dengan pemberian setelah BAB sebanyak ½ gelas.
  • Usia antara 1 – 4 tahun, diberikan obat setelah 3 jam diketahui mengalami diare sebanyak 3 gelas, dilanjutkan dengan pemberian setelah BAB sebanyak 1 gelas.
  • Usia antara 5 – 12 tahun, diberikan obat setelah 3 jam diketahui mengalami diare sebanyak 6 gelas, dilanjutkan dengan pemberian setelah BAB sebanyak 1½ gelas.
  • Pada usia dewasa, diberikan obat setelah 3 jam diketahui mengalami diare sebanyak 12 gelas, dilanjutkan dengan pemberian setelah BAB sebanyak 5 gelas.
  1. Konsumsi Yogurt.

Yogurt adalah susu yang telah difermentasikan, banyak orang yang bilang kalau mengonsumsi yogurt atau susu akan memperparah keadaan diare yang diderita. Tetapi nyatanya, yogurt dapat mengatasi diare. Bila kalian mengalami diare berarti tubuh kalian sedang mencoba untuk melepaskan diri dari bakteri jahat. Yogurt mengandung bakteri baik yaitu Bifidobacterium dan Lactobacillus Achidophilus yang dapat menyeimbangkan sistem saluran pencernaan kalian menjadi lebih sehat.

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Membaca Artikel yang Sudah Saya Tulis ini.

Sampai Jumpa, Pada Artikel Saya Berikutnya!!

Leave a Reply