Home >> Celoteh >> Ekspresikan Hidup Dengan Serunya Bermain Musik
Ekspresikan Hidup Dengan Serunya Bermain Musik

Ekspresikan Hidup Dengan Serunya Bermain Musik

Siapa yang nggak suka musik ? Nggak ada. Semua orang suka mendengarkan musik. Siapa yang nggak ingin bisa bermain alat musik ? Bisa dipastikan banyak orang yang ingin bisa bermain musik. Musik adalah suatu bahasa universal yang bisa diterima di segala tempat.orang-orang akan menikmati musik yang didengar walaupun mereka tidak mengerti bahasanya. Musik juga merupakan alat untuk mengekspresikan apa yang sedang kita rasakan. Saat sedang sedih kita pasti mendengarkan lagu slow, saat sedang gembira mendengarkan lagu semangat.
Bagi kalian yang ingin belajar bermain alat musik atau sudah bisa bermain alat musik, ini adalah beberapa manfaat dari bermain musik :
1. Merupakan Ekspresi Seseorang
Musik yang kalian mainkan atau dengarkan itu merupakan ekspresi dari perasaan yang sedang kalian rasakan. Dan biasanya musik itu lebih bisa mengungkapkan perasaan kita dari pada kata-kata yang kita ucapkan. Apapun musik yang kalian dengarkan itu bisa mengubah emosi kamu saat mendengarnya. Kalian seperti bisa merasakan apa yang dirasakan oleh penyanyi tersebut. Ekspresi jiwa si pemain musik ini bisa mempengaruhi emosi jiwa manusia lainnya yang mendengar.
2. Menghilangkan Stres
Saat sedang stres masalah pekerjaan, sekolah, keluarga, atau cinta biasanya orang-orang menyendiri kemudian mendengarkan musik. Dengan mendengarkan musik kesukaan kamu, emosi kamu yang awalnya meledak-ledak bisa rileks kembali. Tapi lebih disarankan ketika sedang marah, galau, bingung dan sebagainya, mendengarkan musik instrument. Permainan musiknya yang tenang dan indah bisa menenangkan pikiran dan hati kamu. Mendengarkan saja sudah bisa merilekskan pikiran apalagi memainkannya ?
3. Memperkuat Ingatan
Bermain musik mengharuskan kita untuk menghafal kunci-kunci gitar atau note-note piano dan puluhan lagu. Dari situlah kemampuan mengingat kamu diasah. Kamu mulai terbiasa untuk belajar menghafal dan selalu berlatih apa yang sudah kamu hafal agar tidak lupa. Lalu ketika kamu mengahafl pelajaran sekolah kamu tidak susah lagi karena sudah terbiasa menghafal lagu-lagu.
4. Menumbuhkan Kreatifitas
Musik adalah seni, pastinya kreatifitas akan dihasilkan jika kita bermain musik. Setelah bisa bermain musik, keinginan untuk menulis lirik sendiri pasti muncul. Kita bisa menjadikan pengalaman hidup sebagai lagu. Seperti Taylor Swift, hampir semua lagu yang dinyanyikannya adalah ciptaannya sendiri dan tidak jarang yang merupakan pengalaman pribadinya. Jadi, siapa tau kamu akan menjadi musisi yang handal.
5. Melatih Konsentrasi, Ketekunan, dan Kesabaran
Konsentrasi sangat dibutuhkan untuk mempelajari sebuah lagu yang akan kamu mainkan atau untuk memulai belajar bermain alat musik. Apalagi ketika kamu menemukan lagu yang sulit untuk dimainkan, kamu akan mengulangnya terus-menerus sampai kamu lancar memainkannya. Ini melatih kamu 3 hal sekaligus.
6. Meningkatkan Koordinasi Tubuh
Awal kamu belajar bermain gitar pasti susah saat memindahkan dari kunci satu ke kunci lainnya. Kamu harus memperhatikan jari-jari kiri kamu agar benar menekan senar, jari-jari kanan kamu agar tidak kaku meng-genjrengnya, mata kamu yang akan bolak-balik memperhatikan jari kiri, jari kanan, dan catatan, dan juga cara bernafas agar tidak terganggu.
7. Memberikan Rasa Percaya Diri
Kamu bisa bermain musik, itu memberikan nilai tembah buat kamu. Tidak semua orang bisa bermain alat musik. Karena itu, tunjukkanlah kepada semua orang kalau kamu bisa main musik. Nggak usah malu, orang-orang suka pada orang yang bisa bermain musik. Dengan hiburan yang kamu berikan lewat musik, kamu akan diterima dimanapun kamu berada.
8. Bangga Pada Diri Sendiri
Orang yang bermain musik itu keren. Nggak ada yang nyangkal. Kalau kamu bisa bermain musik, berarti kamu juga keren. Dengan pemikiran seperti ini, kamu bisa berbangga pada diri kamu sendiri dan lebih menghargai dirimu.
Untuk itu, kalian yang belum bisa bermain musik segeralah belajar musik. Terserah alat musik apa yang kamu pilih asalkan itu cocok dan tidak menyusahkan dirimu sendiri. Dan untuk kamu yang sudah bermain alat musik, jangan puas dengan alat musik yang itu-itu saja. Cari alat musik lainnya untuk kamu pelajari, dan jangan hanya alat musik modern, pelajari juga alat musik tradisional khas Indonesia.

Leave a Reply