Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Dipandang Sebelah Mata, Justru 7 Makanan Ini Sehat Kaya Manfaat.
Dipandang Sebelah Mata, Justru 7 Makanan Ini Sehat Kaya Manfaat.

Dipandang Sebelah Mata, Justru 7 Makanan Ini Sehat Kaya Manfaat.

Makanan tak dapat di hindarkan oleh manusia, sebab makanan sudah seperti kewajiban tersendiri untuk manusia. Meski begitu, tidak semua makanan akan dimakan oleh manusia. Karena banyak orang pula yang tidak suka dengan makanan tertentu dengan berbagai alasan.

Padahal, makanan yang tidak disukai oleh manusia banyak diantaranya menyimpan berbagai manfaat yang baik untuk tubuh apabila dikonsumsi. Selain untuk kesehatan, beberapa diantaranya juga bermanfaat untuk kecantikan. Ingin tahu makanan apa saja yang memiliki segudang ragam manfaat bagi tubuh. Namun, tidak banyak orang yang menyukainya?

1. Seledri.

Sayuran yang berwarna hijau dengan aroma khas ini memiliki rasa pahit, yang membuat tidak begitu disukai oleh beberapa kalangan. Tapi, daun seledri ini telah lama di konsumsi dan dimanfaatkan oleh masyarakat Mediterania sejak lebih dari 2000 tahun yang lalu.

Seledri mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia.

  • Seledri mengandung vitamin K dalam jumlah besar.
  • Seledri mengandung serat tinggi yang dapat mencegah kegemukan (ini cocok bagi orang yang sedang dalam masa program diet) sebab jenis serat yang terkandung didalamnya membuat kalian akan terasa kenyang lebih lama.
  • Senyawa 3-n-buthilptalida yang terdapat didalam seledri berkhasiat menurunkan tekanan darah, anti peradangan akibat infeksi, menurunkan kolestrol, serta anti kejang.
  • Senyawa L-triptofan merupakan antioksidan dalam seledri, yang berkhasiat dapat mencegah aterosklerosis dengan proses menghambat oksidatif.
  • Kandungan yang ada dalam seledri pun juga dapat mencegah migrain, menghilangkan kecemasan, membantu proses berfikir.
  1. Pala.

Rempah yang biasa digunakan bumbu masakan ini ternyata dapat berfungsi untuk meningkatkan daya konsentrasi dan kinerja otak. Citarasa pedas yang dimiliki membuat orang yang tidak menyukai masakan pedas tidak begitu suka mengonsumsi pala. Namun, perlu diketahui kandungan minyak esensial yang terkandung dalam pala dapat membantu seseorang memperoleh kesegaran dan membuat suasana hati yang baik.

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja, pala dikenal memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan. Diantaranya ialah masker pala yang berguna untuk menghilangkan flek – flek hitam yang terdapat pada pipi wajah dan menghilangkan noda – noda bekas jerawat, menjaga kelembaban kulit, dan ampuh mencegah kembalinya komeda.

  1. Kedelai.

Bahan dasar dari tahu dan tempe ini ternyata memiliki kandungan vitamin B1 dan lesitin yang tinggi, yang berguna untuk membantu komunikasi antar sel – sel dalam otak agar mempercepat pemprosesan informasi. Jadi tak ada salahnya untuk rajin mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar dari kedelai ini.

Bagi seseorang yang diet, kedelai ini aman untuk dikonsumsi. Sebab kandungan rendah lemak dan protein yang tinggi yang terdapat dalam kedelai ini. Kedelai juga sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes karena kacang kedelai mampu mengurangi jumlah gula darah dalam tubuh manusia.

  1. Daun Kemangi.

Daun kemangi yang biasa dijadikan teman lalapan ini, siapa sangka kalau ternyata daun kemangi itu bagus untuk otak. Daun kemangi juga terdapat kandungan minyak esensial yang dapat membantu untuk menghilangkan rasa khawatir, badmood, kecemasan, dapat pula meningkatkan daya konsentrasi.

Kemangi juga termasuk sumber kalsium yang sangat dibutuhkan tulang agar dapat mencegah osteoporosis. Kandungan zat triptofan pada daun kemangi juga dapat menunda monopause. Oleh karena itu, mulai sekarang perbanyaklah konsumsi kemangi jika tidak ingin terkena penyakit osteoporosis dan menunda masa monopause.

5. Asparagus.

Diluaran sana masih banyak yang tidak mengenal asparagus. Sayuran hijau ini, ternyata sumber terbaik dari asam folat nabati yang mempunyai kandungan kalori rendah, tidak mengandung kolestrol atau lemak tinggi, serta sangat sedikit mengandung natrium. Kandungan lainnya yang terdapat dalam asparagus ialah vitamin E, kaya serat, vitamin C.

Tidak hanya itu saja, nyatanya sayuran hijau ini adalah salah satu diuretik alami (makanan yang dapat melancarkan pembuangan urine). Ekstrak dari asparagus nya pun berguna untuk menyingkirkan efek mabuk alkohol serta melindungi sel – sel hati dari racun alkohol, sehingga sangat bagus untuk detoksifikasi hati.

  1. Daun Singkong.

Singkong merupakan tanaman yang sudah banyak tumbuh di negara Indonesia. Namun, belum banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui tentang manfaat daun singkong untuk kesehatan. Manfaat pertama daun singkong adalah sebagai obat untuk orang yang menderita penyakit stroke. Khasiat lain yang terkandung di dalamnya adalah terdapat kandungan vitamin C dalam jumlah banyak sebagai peningkat daya tahan tubuh.

7. Jengkol.

Makanan yang identik dengan bau mulut ini sayangnya, belum banyak diketahui oleh banyak masyarakat pada umumnya. Padahal, makanan ini cukup ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. namun, tahukah kalian? Bahwa dibalik tajamnya bau yang menyengat pada aroma jengkol ini memiliki banyak ragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Diantaranya yaitu kandungan protein yang tinggi yang terdapat pada jengkol bagus untuk membantu pembentukan jaringan tubuh, jengkol juga dapat mencegah anemia karena di dalam jengkol kaya akan zat besi. Jengkol juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang baik untuk mencegah osteoporosis. Kandungan vitamin A, B1, B2, dan vitamin C berperan sebagai zat antioksidan yang dipercaya ampuh untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Jadi, bagaimana kawan? Masih mau memandang sebelah mata makanan – makanan di atas?

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Membaca Artikel yang Sudah Saya Tulis ini.

Sampai Jumpa, Pada Artikel Saya Berikutnya!!

Leave a Reply