Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Sehat Itu Tanpa Minum Soda
Sehat Itu Tanpa Minum Soda

Sehat Itu Tanpa Minum Soda

Tau kan minuman bersoda? Minuman yang banyak disukai orang karena rasanya yang enak dan juga memiliki sensasi tersendiri ketika diminum. Apalagi ketika perjalanan jauh minuman ini bisa sangat cocok untuk diminum diperjalan. Bahkan terkadang saat kita begadang untuk mengerjakan sesuatu tak jarang kita menyiapkan minuman bersoda agar kita tidak ngantuk lagi setelah meminumnya.

Minuman yang terkadang disebut sebagai minuman yang ada semut-semutnya ini memang memiliki rasa yang enak juga segar setelah diminum. Selain itu minuman ini juga bisa membuat ketagihan buat orang yang meminumnya. Bahkan buat orang yang sudah kecanduan mereka akan minum soda hampir setiap hari. Tapi tau nggak kalau ternyata dibalik kesegarannya itu, minuman bersoda memiliki dampak buruk yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Nah, biar kita sadar kenapa minuman soda sangat berbahaya bagi kita, oke kita bisa menyimak beberapa dampaknya berikut :

  1. Menyebabkan obesitas. Kandungan gula pada minuman bersoda sangat tinggi sehingga tak jarang orang yang sering minum soda tubuhnya akan cepat gemuk, bahkan bisa beresiko terserang penyakit obesitas.
  1. Menyebabkan penyakit diabetes. Kadar gula yang sangat tinggi didalam minuman bersoda membuat kandungan gula akan menumpuk ditubuh kita, sehingga tubuh kita akan mudah terkena penyakit diabetes.
  1. Membuat gigi menjadi kurang sehat. Terlalu sering minum soda akan menyebabkan plak pada gigi menumpuk, sehingga gigi akan mudah keropos.
  1. Menyebabkan kerusakan pada ginjal. Pewarna serta pemanis dalam minuman bersoda akan menyebabkan ginjal menjadi bermasalah, dan tak jarang ginjal juga akan mengalami kerusakan yang parah, sehingga secara otomatis urine kita juga akan bermasalah.
  1. Bagi laki-laki minuman bersoda bisa menurunkan jumlah sperma, serta membuat kualitas sperma menjadi tidak baik. Sedangkan bagi wanita, terutama wanita hamil minuman bersoda bisa membuat bayi dalam kandungan menjadi cacat, bahkan bisa menimbulkan kematian pada janin.

Nah, jadi udah tau kan kenapa minuman bersoda sangat tidak baik jika diminum terus-terusan. Namun dibalik dampak yang kurang baik itu, ternyata minuman besoda juga sangat bermanfaat, namun bukan untuk tubuh melainkan sabagai bahan pembersih peralatan atau sebagai pembersih karat.

Kadar asam yang sangat tinggi sehingga membuat minuman soda cocok jika digunakan sebagai bahan pembersih. Misal saja minuman soda bisa digunakan untuk membersihkan noda yang menempel pada peralatan dapur, pada wastafel atau noda yang menempel pada diniding dapur, cukup dengan menuangkannya kebagian yang ingin dibersihkan maka noda-noda itu akan rontok dengan sendirinya. Selain itu soda juga bisa digunakan untuk membersihkan paku, baut atau peralatan lain yang sudah berkarat, caranya sama, cukup menuangkan soda diatasnya, lalu tunggu beberapa menit, lalu bersihkan menggunakan kain.

Nah, bisa lebih jelas kan kalau minuman bersoda bisa sangat berbahya bagi kesehatan kita jika kita terlalu sering mengkonsumsinya. Lebih baik memperbanyak minum air putih yang bisa membuat tubuh menjadi sehat, daripada harus minum soda yang bisa membuat kesehatan kita terganggu. Bahkan bisa menyebabkan kematian untuk kita yang terlalu sering mengkonsumsinya.

Oke, itu sedikit tentang minuman bersoda. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply