Home >> Wisata >> Taman Mangrove Pantai Indah Kapuk

Taman Mangrove Pantai Indah Kapuk

Taman Mangrove kini sedang ramai diperbincangkan. Jakarta juga mempunya hutan, tapi bukan ssembarangan hutan karna hutan ini amat sangat nyaman dikunjungi karena ke asriannya dengan suasana pohon bakau. Taman Mangrove terletak di Jalan Pantai Indah Utara 1 Penjaringan, Jakarta Utara. Lebih tepatnya paling ujung perumahan Pantai Indah Kapuk. Untuk tiket masuk ke Taman Mangrove PIK yaitu sebesar Rp 25.000.00,-.

Taman Mangrove PIK atau dikenal juga dengan Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk memang pilihan tepat untuk kamu yang bosan dengan keadaan Jakarta yang sumpek dan polusi yang dimana-mana, karna di Taman Mangrove ini kamu dapat menikmati ke asrian tempat ini. Kawasan Taman Mangrove seluas 99hektar dimana 40% lahan yang ada di manfaatkan untuk Hutan Mangrove.

Akses di Taman Mangrove terbuat dari kayu gelondongan serta pegangan sederhana menjadi jalan utama yang mengantar kamu ke berbagai spot di Taman Mangrove ini. Dan yang perlu diketahuin di Taman Mangrove ini banyak batangan kayu, jalanannya cukup licin. Disarankan agar berhati-hati dan memakai sandal, sepatu, ataupun flat shoes (bagi perempuan). Karena Taman ini berbeda dengan taman lainnya yang mayoritas sudah pakai conblok atau bahkan aspal. Tapi disitu lah uniknya dari taman ini.

Taman Mangrove ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat menahan abrasi, tapi juga sebagai tempat rekreasi bagi warga Jakarta untuk mendapatkan udara segar dan mengurai penat setelah bekerja. Di taman ini juga bisa dipakai sebagai tempat foto pre-wedding karena suasana nya yang sangat mendukung sekali.

Nah buat yang hobi fotografi, sebenarnya tempat ini cocok sekali. Tapi kamu tidak akan leluasa karena Taman Mangrove ini ada larangan yang wajib dipatuhi oleh semua pengunjung. Yaitu dilarang membawa camera DSLR ataupun camera digital kalau melanggar akan didenda sebesar Rp 1.000.000.00,- tapi jangan terlalu kecewa.  Karena kamu masih bisa memakai kamera handphone.

Selain fotografi, ada berbagai spot berupa perairan di Taman Mangrove ini. Di tempat ini kamu bisa menaiki perahu untuk mengarungi perairan disekitar Hutan Mangrove, tapi kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 250.000.00,- untuk 6 orang dan untuk 8 orang yaitu sekita Rp 350.000.00,-. Ada juga spot lain yaitu Short Course tentang bagaiman cara menanam mangrove, anda harus merogoh kocek sebesar Rp 150.000.00,- per orang dan Rp 500.000.00,- bila ingin diberi papan nama. Selain itu kamu juga bisa main kano atau sepeda air dengan biaya Rp 100.000.00,- untuk 45menit di area Hutan Mangrove.

Bagi kalian yang ingin menginap juga disediakan pondok-pondok sederhana, villa dan camp ground dengan harga yang cukp beragam. Kamu juga bisa camping disini, fasilitas dan akomodasi yang disediakan pengelola sudah cukup memadai.

Leave a Reply