Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Kebiasan Dapat Merusak Kulit

Kebiasan Dapat Merusak Kulit

Mempunyai kulit yang lembab, bersih dan bercahaya, tentunya ingin di miliki semua orang. Namun, tidak semua orang terlahir dengan hormon kulit yang sempurna. Beberapa dari kita ada yang memiliki gen kulit yang berjerawat, flek hitam, dan masalah kulit lainnya. Di sisi lain masalah kulit disebabkan karena jarang melakukan perawatan wajah. Berikut ini kebiasan buruk yang jarang di ketahui yang dapat merusak kulit.
1. Hindari yang berlebihan.
Pada dasarnya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. MIsalnya, terlalu banyak mengkonsumsi gula, garam, alkohol. Menurut penelitian alkohol dapat membuat kulit dehidrasi sehingga kulit mudah kusam dan berjerawat. Makanan bergula dapat memecah kolagen dan elastin dapat menyebabkan kulit kusam dan keriput daro waktu ke waktu.
2. Terlalu sering membersihkan wajah.
Wajah yang terlalu bersih juga tidak sehat. JIka kulit kamu kering, hindari mencuci muka terlalu sering. Cukup mencuci muka dengan sabun cuci muka ( yang berbasis minyak ) di malam hari dan membasuh muka hanya dengan air di pagi hari. Itu akan membantu kulitmu tetap lembab.
3. Korak – korek jerawat.
Jangan terlalu sering memgang, menekan bahaka memecahkan jerawat. Cukup membersihakan dengan asam salisilat dengan bahan – bahan pelembab, contohnya kedelai, dimalam hari.
4. Kurang Tidur.
Kurang tidur dapat membuat kulit anda kusam dan mengeluarkan garis – garis halus ( khusunya di sekitar mata ). Jika kamu mengalami kesulitan tidur, hindari nonton tv ( sebagian orang beranggapan bahwa tidur akan membantunya tertidur ). Melatonin adalah hormone yang membuat kita mengantuk dan mengatur ritme sirkadian kita. Jika tingkat melatonin drop dan ritme sirkadian kamu bermasalah, sel –sel kulit anda tidak bisa membalik secara efesien sehingga menyebabkan lebih banyak keriput dan kusam dari waktu ke waktu. Akan lebih baik jika kamu memilih mandi dengan air hangat sebelum tidur, itu lebih baik mendorong kamu untuk tidur.
5. Tidak tidur dengan cerdas.
Bagi kamu tidur hanya memejamkan mata saja. Tapi ternyata, tidur harus cerdas loh, hal yang diperhatikan pertama adalah sarung bantal. Pada sarung bantal terdapat banyak minyak, sel kulit mati, bakteri dan krim malam yang berasal dari kulit anda. Jadi usahakan mengganti sarung banta minimal seminggu sekali. Jika kamar dengan ruangan pendingin sering – seringlah meminum air putih agar kuli tidak kering dan keriput.
6. Membersihakan wajah dengan tisu basah.
Mencuci wajah anda dengan tisu basah sebelum tidur itu dapat membuat wajah menjadi sakit atau perih. Tidak hanya itu, ternyata prosedur itu juga membuat wajah tidak bersih sempurna. Jadi, baiknya kamu membersihkan wajah dengan pembersih wajah.
7. Merokok.
Merokok tidak hanya merusak kulit, tapi merokok juga dapat merusak kesehatan. Merokok dapat menyerap elastis kulit ( yang membuat kulit prokok tampak kuning ). Dan dapat menyebabkan keriput.
Supaya berhati – hati lagi ya guys. Rawatlah kulit kamu.

Leave a Reply