Home >> Agama >> Bertemu Karena Allah, Berpisah Juga Karena Allah
Bertemu Karena Allah, Berpisah Juga Karena Allah

Bertemu Karena Allah, Berpisah Juga Karena Allah

Pasti bakalan sedih nih kalau denger kata perpisahan, iya nggak? Satu kata yang terkadang bisa bikin seseorang jadi galau berat. Apalagi kalau udah terlanjur betah, pasti nih pinginnya nggak pindah dari tempat itu dan selalu ingin bersama bareng-bareng sampai selamanya. Namun hal itu mungkin nggak akan terjadi karena suatu saat kita pasti mengalami sebuah perpisahan, entah karena urusan sekolah, pekerjaan, atau karena ada tuntutan lain yang membuat kita harus pergi dari tempat itu.

Apalagi ketika kita sudah mulai betah ditempat yang kita tempati sekarang, namun ternyata waktu untuk tinggal ditempat itu sudah habis dan kita harus kembali ketempat asal kita. Mungkin rasanya akan sedih meninggalkan tempat yang sudah menyimpan banyak kenangan untuk kita. Entah karena kita betah dengan lingkungannya atau warganya atau mungkin ada seseorang yang membuat kita berat untuk pergi dari tempat itu.

Setiap pertemuan memang akan ada sebuah perpisahan, setiap awal pasti akan ada akhir, dan disetiap kata hello pasti akan ada sampai jumpa. Namun bukan berarti perpisahan itu akhir dari segalanya. Namun perpisahan itu adalah awal dari sesuatu yang sudah kita dapat di tempat yang kita tinggali itu. Banyak yang berfikir kalau perpisahan itu menyakitkan, namun sebenarnya tidak semua perpisahan itu menyakitkan tergantung bagaimana kita menyikapi arti sebuah perpisahan itu.

Cara menyikapi sebuah perpisahan yang baik itu cukup dengan senyuman, boleh menangis asal jangan sampai berlarut-larut. Asal kita selalu berfikir positif, bahwa suatu saat pasti akan bertemu lagi namun dengan suasana dan keadaan yang berbeda. Karena kita dipertemukan karena Allah dan kita dipisahkan juga karena Allah, kalaupun Allah ingin mempertemukan lagi itu juga kehendak Allah.

Berpisah bukan berarti melupakan, namun mengenang semua yang sudah terjadi tanpa melupakan sesama teman, tanpa melupakan kenangan-kenangan yang sudah dilalui, dan tanpa melupakan kejadian-kejadian lucu dan aneh yang sudah dilakukan. Serta mengambil pelajaran dari kesalahan-kesalahan yang sudah dilakukan, kemudian berusaha untuk merubahnya ditempat serta waktu yang berbeda.

Mungkin awalnya sulit untuk berpisah dengan orang-orang yang sudah berbuat baik kepada kita, namun mau tidak mau hal itu memang harus terjadi. Jangan terlarut dalam kesedihan yang terlalu lama, yakin bahwa diluar sana sudah banyak hal yang menunggu kita. Selalu yakin dan terus berdoa bahwa Allah menjadikan sebuah perpisahan karena Allah ingin kita menjadi yang lebih baik di tempat lain. A meeting would surely be a farewell.

Nah, itu sedikit tentang perpisahan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply