Home >> Celoteh >> Taukah Anda? Sarapan Sangat Penting Sebelum Beraktifitas.

Taukah Anda? Sarapan Sangat Penting Sebelum Beraktifitas.

Salah satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan makanan, makanan sebagai kebutuhan pokok yang harus dipenuhi agar bisa bertahan hidup. Dan dalam ilmu biologi ada yang namanya rantai makanan atau jarring-jaring makanan adalah salah satu proses makan dan dimakan antar makhluk hidup agar bisa bertahan hidup dan konsumen tingkat puncak bisa elang, ular atau singa. Tapi manusia mencari sumber energinya yaitu dari alam, melakukan proses pemasakan agar makanan bisa dikonsumsi. Makanan yang berkarbohidrat, lemak, protein, bervitamin dan yang mengandung zat yang berguna untuk pertumbuhan.
Apakah kalian terbiasa Sarapan di pagi hari ? makan pagi atau yang sering disebut Sarapan adalah hal yang wajib kita lakukan dipagi hari. Kita sarapan untuk menambah semangat kita saat melakukan berbagi aktifitas kerja, dan makanan yang bergizi akan membuat tubuh kita kuat, dan berenergi setiap harinya. Seperti halnya para pelajar sekolah yang melakukan banyak rutinitas belajar dari pagi hingga siang hari, pelajar memerlukan banyak energi dalam berbagai proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru, dan daya ingatnya akan semakain kuat dalam menerima materi belajar, ia juga akan mampu dalam menguasai materi pelajaran yang disampaikan guru. pelajar yang membiasakan sarapan akan lebih aktif dalam belajar, mengerjakan tugas, Tanya jawab, lebih ceria, dan semangat dalam menuntut ilmunya .tapi kebiasaan jarang sarapan akan berdampak buruk bagi tubuh, dan bisa saja menimbulkan penyakit maag, tifus dll karna jarang makan, hal ini sangat berkebalikan, tubuhnya akan lemas dalam belajar, akan mudah mengantuk, tak bersemangat dalam proses belajarnya, tidak bisa menerima pelajaran secara efektif yang disampaikan guru. Dan saat belajar pun ia akan cenderung pasif dan malas mengerjakan tugas dari gurunya.
Dalam hal ini peran orang tua sangat dibutuhkan. Orang tua harus bisa mencari solusi agar anaknya mau sarapan saat pagi hari, karena sarapan adalah hal yang penting untuk rutinitasa disekolahnya. Bisa saja para orang tua menyiapkan makanan kesukaan atau favorit anaknya, memasaknya agar anaknya mau sarapan.Sarapan harus mengandung karbohidrat, seperti nasi goreng, nasi putih, atau bisa dengan roti.karena karbohidrat adalah salah satu zat yang memberikan energi untuk tubuh. Juga bisa dengan menyiapkan segelas susu agar bertambah energi untuk aktivitasnya. Sarapan juga bukan untuk pelajar juga, sarapan juga diperlukan untuk semua orang dari balita hingga tua.
Makanan yang biasa kita makan harus 4 Sehat 5 Sempurna, yaitu terdiri dari nasi, sayur, lauk pauk, buah dan susu. Itu sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Makanan yang bergizi juga berperan aktif dalam melancarkan proses pencernaan kita. Oleh karna itu agar aktifitas kita tambah semangat, enggak ada salahnya jika kita usahakan sarapan setiap hari. Sarapan yang mengandung karbohidrat agar kita merasa kenyak dan melakukan rutinitas juga lancar.
Jadi mulai dari sekarang usahakan bisa Sarapan Pagi sebelum beraktifitas agar tubuh kita semakin kuat dan melakukan sesuatu lebih bersemangat .

Leave a Reply