Home >> Pendidikan >> Tanamkan Karakter Ikhlas Sejak Kecil Kepada Anak!.
Menanam Karakter Ikhlas Sejak Kecil Kepada Anak!

Tanamkan Karakter Ikhlas Sejak Kecil Kepada Anak!.

Menanam karakter ikhlas sedari kecil terhadap anak merupakan pekerjaan yang mudah diucapkan namun sulit untuk di praktekkan. Ikhlas merupakan salah satu perbuatan rela dan tulus dalam melakukan sebuah amalan atau perintah dan juga ketika menerima sebuah musibah. Melakukannya pun semata – mata mencari ridhanya allah SWT. Meski sederhana, namun tidak semua orang bisa melakukan dan menerapkan perasaan ikhlas dalam dirinya.

Ini berarti ilmu ikhlas itu sangat sulit untuk di praktekkan dengan mudah. Sebab suatu amalan kecil bisa menjadi besar hanya karena dengan ikhlas, sebaliknya amalan besar bisa menjadi kecil dengan ketiadaannya. Ikhlas akan menjadi indikator diterima tidaknya suatu amalan yang telah dikerjakan. Bukankah hidup ini singkat, lalu apa yang akan dicari kecuali bekal untuk menuju akhirat yang tidak memiliki akhir.

Walaupun karakter ikhlas ini sulit untuk diterapkan, bukan berarti tidak bisa untuk di gapai. Begitu pula dengan menanam karakter ikhlas pada anak tidak semudah ketika mengucapkannya. Namun, yang paling penting dalam pengejaran ini adalah kehadiran orang tua yang berusaha untuk berbuat dan melakukannya secara jujur. Memberikan pencerahan terhadap anak bahwa ikhlas dengan niat karena allah akan membuahkan hasil yaitu mendapatkan pahala yang setimpa dengan apa yang telah diamalkannya.

Berilah pengertian terhadap anak bahwa seseorang yang melakukan segala sesuatu didasari dengan keikhlasan maka amalan yang telah dilakukan lebih cenderung merasa tentram dan nyaman. Dengan ditanamkan karakter ikhlas terhadap anak disamping itu hal yang terpenting adalah anak juga harus selalu dinasehati dengan nilai – nilai keimanan dan ketaqwaan.

Ini perlu dibiasakan secara berangsur – angsur sejak anak masih dalam kondisi pertumbuhan. Sebab anak diibaratkan seperti bambu muda yang mudah untuk dibentuk, dilenturkan, dan dipatahkan sesuai dengan keinginan. Saat anak – anak masih berusia dini, ini adalah waktu yang tepat untuk menanamkan nilai – nilai keikhlasana terhadap anak.

Kelak jika anak – anak yang telah kalian Tanamkan Karakter Ikhlas Sejak Kecil Kepada Anak, maka jika sudah dewasa nanti anak – anak akan mudah terlatih untuk selalu berbuat ikhlas dengan apapun yang telah ia dapatkan. Berbuat baik dengan ikhlas tidak perlu mengharap imbalan baik juga dari orang lain. Dengan berjalannya waktu, di dunia ataupun di akhirat, allah pasti akan membalas perbuatan dan amalan – amalan yang telah dilakukan. Inilah yang menjadikan sasaran utama Menanam Karakter Ikhlas Sejak Kecil Kepada Anak!.

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Membaca Artikel yang Sudah Saya Tulis ini.

Sampai Jumpa, Pada Artikel Saya Berikutnya!!

Leave a Reply