Home >> Agama >> Bersyukur Itu Nggak Sulit Kok!
Bersyukur Itu Nggak Sulit Kok!

Bersyukur Itu Nggak Sulit Kok!

Pernah nggak sih kalian bersyukur dengan apa yang kalian miliki? Dan apakah kalian masih sering menyalahkan takdir jika kebutuhan kalian ada yang belum terpenuhi? Manusia memang diciptakan memiliki hawa nafsu dan memiliki sifat tidak pernah puas. Padahal sadar tidak sadar setiap hari, setiap jam, setiap menit, bahkan setiap detik kita itu selalu diberi kenikmatan oleh Allah. Misal hal sepele saja yaitu bernafas, tanpa nafas pasti kita tidak akan mampu untuk hidup di dunia, dan Allah memberikan semua nafas kepada makhluk hidup yang ada di dunia, tapi kenapa terkadang kita masih merasa bahwa Allah belum mencukupi semua kebutuhan kita.

Kita diciptakan oleh Allah bukan untuk menghitung apa-apa yang sudah diberikan Allah untuk kita, namun Allah hanya menyuruh kita untuk mensyukuri apa yang sudah diberikan Allah untuk kita. Cukup dengan mengucapkan kalimat “Alhamdulilah” Allah sudah sangat senang. Namun perlu diingat sebelum kita bersyukur kepada Allah hendaknya kita juga harus sering-sering bersyukur kepada manusia, karena ada dalil yang menjelaskan “Tidaklah bersyukur kepada Allah, orang yang tidak bersyukur pada manusia”. Jadi Allah akan semakin menyayangi kita jika kita mau besyukur kepada manusia sekaligus bersyukur kepada Allah.

Allah juga telah menjelaskan dalam Al-Quran surat Ibrohim ayat 7 bahwa “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami (Allah) Akan menambah nikmat kepadamu, Dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka ingatlah sesungguhnya siksa-Ku sangat pedih”. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Allah tidak senang bahkan akan menyiksa pada orang yang tidak mau bersyukur kepada Allah, dan sebaliknya Allah akan terus menambah kenikmatan pada orang yang mau bersyukur kepada Allah.

Bersyukur memang suatu hal yang sangat sepele, namun banyak dari orang yang masih meremehkan akan hal besyukur. Padahal bersyukur memiliki beberapa manfaat yang sangat baik untuk kita, misal bersyukur bisa menambah kenikmatan, bisa menambah rezeki, bisa membuat kita menjadi orang yang sukses, bisa membuat hati menjadi tenang dan selalu bergembira, hidup akan terasa damai, dan masih banyak manfaat lain yang bisa kita ambil.

Namun terkadang masih banyak nih orang-orang diluar sana yang sulit untuk bersyukur entah itu kepada sesama manusia maupun kepada Allah. Padahal cara dari bersyukur itupun sangat mudah, misal kita cukup membiasakan untuk mengucapkan terimakasih serta alhamdulilah. Kita juga bisa membiasakan bersyukur dengan merenungkan dan mengingat hal-hal baik yang pernah kita alami. Atau kita bisa melakukannya dengan sering berkunjung kerumah-rumah orang yang tidak seberuntung kita, maka disitulah akan timbul kesadaran jika kita memang sangat beruntung dibandingkan mereka yang mau makan sesuap nasi saja sudah sangat sulit, beda dengan kita yang bisa makan apa saja yang kita mau.

Jadi, yuk mulai dari sekarang belajar untuk mensyukuri apa yang ada, apapun yang kita miliki, bagaimanpun kita, dan dimanapun kita berada, kita harus selalu ingat bahwa Allah telah memberikan banyak nikmat untuk kita. Jangan melihat orang diatas kita, tapi lihatlah orang dibawah kita yang belum bisa seberuntung kita.

Nah, itulah sedikit tentang bersyukur. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply