Home >> Celoteh >> Apa Itu Panic Attack? Simak Artikelnya!.
Apa Itu Panic Attack? Simak Artikelnya!.

Apa Itu Panic Attack? Simak Artikelnya!.

Kebanyakan orang mungkin belum terlalu mengetahui Apa Itu Panic Attack? Namun apabila kalian pernah mengalami gejala yang tiba – tiba merasa seluruh badan berkeringat dingin, nafas menjadi pendek tak menentu, detak jantung yang sudah mulai tak beraturan. Mungkin saja yang kalian alami itu merupakan penyakit yang bernama Panic Attack.

Panic Attack itu merupakan serangan kepanikan atau bisa juga ketakutan yang dirasa luar biasa, itu terjadi tanpa alasan yang jelas lalu memicu reaksi fisik tertentu. Jika kondisi panic attack ini terjadi 4 hingga 5 kali berturut – turut, maka dikatakan orang tersebut telah mengalami panic disorder. Panic disorder ialah penyakit mental yang cukup berbahaya.

Bagi penderita panic attack seringkali tidak mengetahui ataupun menyadari bahwa dirinya telah menderita penyakit tersebut, sebab penderita penyakit ini terlihat sangat normal. Hal ini sangatlah membahayakan bagi penderita, apalagi penderita yang sedang menjalani aktifitas yang perlu membutuhkan konsentrasi penuh, seperti halnya sedang menyetir kendaraan.

Penderita panic attack ini ditandai dengan gejala antara lain yaitu, mual, kram perut, nyeri pada dada, sakit kepala, pingsan, pusing, tenggorokan menegang, sulit untuk menelan, perasaan bahwa bahaya atau kematian semakin mendekat, detak jantung tidak teratur, keringat yang berlebih, gemetaran, nafas pendek tidak teratur, demam atau meriang, sensasi panas. Bahkan, untuk penderita panic disorder akan menghadapi gejala serius, yakni tidak mau meninggalkan tempat yang menurutnya paling aman dan akan meraskan waspada yang berlebihan karena takut akan serangan lain datang menyerangnya kembali.

Efek samping yang disebabkan karena penyakit panic attack ini dapat beresiko memicu serangan, serangan tersebut adalah perubahan ekstrim yang terjadi dalam hidupnya, stress yang berlebihan, terdapat riwayat panic attack atau panic disorder dalam keluarganya, pelecehan atau penyiksaan yang terjadi di masa kanak – kanaknya, pernah menjadi korban kecelakaan yang membuatnya menjadi trauma, meninggalnya orang yang berada di sekitarnya.

Walaupun begitu, tidak ada cara yang pasti untuk bisa mencegah penyakit ini. Namun, penyakit ini bisa diatasi oleh secara cepat terlebih dahulu yaitu dengan cara mengontrol rasa emosional dan stress yang telah membelenggunya, melakukan refreshing dan relaksasi secara berturut – turut, serta jangan takut untuk membicarakan masalah yang sedang dihadapi kepada orang – orang terdekat disekitarnya. Dan pencegahannya dimulai dari diri kalian masing – masing penderita!

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Membaca Artikel yang Sudah Saya Tulis ini.

Sampai Jumpa Pada Artikel Saya Berikutnya!!

Leave a Reply