Home >> Rubrik Remaja >> Hidup Rukun Nggak Bikin Rugi Kok!
Hidup Rukun Nggak Bikin Rugi Kok!

Hidup Rukun Nggak Bikin Rugi Kok!

Hidup sekali di dunia ini pasti kita semua butuh nih sama yang namanya tetangga, iya nggak? Orang yang setiap kali kita lihat ketika kita keluar dari rumah. Orang yang selalu kita butuhkan ketika kita ada masalah, dan juga orang yang sudah sangat berperan dalam kehidupan kita. Manusia itu makhluk sosial yang memang sangat membutuhkan tetangga. Tetangga bukan sekedar orang yang tinggal didekat rumah kita, namun tetangga terkadang sudah dianggap seperti keluarga kita sendiri atau bahkan bagian dari hidup kita.

Sesama tetangga memang diwajibkan untuk saling menghargai agar tercipta kerukunan. Tapi tau nggak sih ternyata rukun memiliki arti yang sangat baik, jika memang kita bisa menerapkan kerukunan itu dalam bertetangga. Rukun bisa diartikan tidak punya unek-unek jelek, drengki,srei, iri hati, saling mengasihi, saling memaafkan, saling membantu dan tolong menolong dalam hal kuat memperkuat, saling mendoakan baik, dan jika bertemu diusahakan dengan wajah yang ceria.

Tidak hanya pemerintah, kepala desa, pak Rt atau pak Rw yang mengharuskan kita untuk selalu hidup rukun dengan tetangga. Bahkan Allah juga telah mewajibkan kita untuk saling hidup rukun dengan tetangga, sebagaimana yng sudah dijelaskan didalam Al-Quran surat Ali Imron ayat 103, dijelaskan bahwa “Kamu jangan bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuh-musuhan. Maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara”. Selain itu dijelaskan pula dalam Al-Hadist bahwa “Tiap-tiap kebaikan adalah sodaqoh (pahala), dan sesungguhnya termasuk kebaikan, apabila engkau bertemu saudaramu dengan wajah yang berseri-seri (ceria)”. Bahkan pernah dijelaskan juga, jika kita memasak sayuran usahakan dimasak dengan kuah yang agak banyak, kemudian kita sisakan sedikit untuk diberikan kepada tetangga meskipun hanya memberi kuahnya saja, hal itu dilakukan karena memang saking pentingnya menjalin hubungan baik dengan tetangga.

Bisa menjalin kehidupan yang rukun ternyata memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kita, diantaranya kita bisa belajar untuk saling menghargai dan menghormati. Kita juga bisa mendapat penilaian yang baik dari masyarakat, selain itu hidup rukun dengan tetangga juga bisa memperlancar rezeki serta bisa memperpanjang umur kita. Dan yang lebih polnya lagi Allah juga akan memberi pahala kebaikan yang banyak untuk bekal kita di akhirot nanti.

Namun terkadang masih ada beberapa orang yang hidup bertetangga sudah berpuluhan tahun namun belum bisa menjalin kerukunan yang baik dengan tetangga. Nah, untuk menjaga kerukunan kita memerlukan beberapa tips agar kita bisa tetap menjaga kerukunan serta keharmonisan dengan tetangga, diantaranya :

  1. Selalu memberi salam atau menyapa ketika bertemu dengan tetangga.
  2. Selalu menolong, ketika tetangga ada masalah.
  3. Jika ada masalah dengan kita, usahakan kita datang kerumahnya kemudian diselesaikan dengan omongan yang baik, serta dilandasi dengan musyawarah.
  4. Tidak memandang status atau pangkat.
  5. Jika tetangga sakit, usahakan menjadi orang pertama yang menjenguk.
  6. Sering berkunjung ke rumahnya, meskipun hanya sekedar mengisi waktu luang.
  7. Saling berbagi ketika kita punya makanan atau mempunyai sesuatu yang bisa dibagikan, meskipun hanya sedikit dan bernilai murah.

Nah, itulah sedikit tetang pentingnya hidup rukun dengan tetangga. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply