Home >> Celoteh >> Kenapa Langit Berwarna Biru? Simak Artikelnya!
Kenapa Langit Berwarna Biru? Simak Artikelnya!

Kenapa Langit Berwarna Biru? Simak Artikelnya!

Pernahkah kalian bertanya – tanya tentang Kenapa Langit Berwarna Biru? Mengapa tidak berwarna hijau, kuning, ungu atau warna lainnya. Mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui tentag mengapa hal ini bisa terjadi. Maka dari itu simak penjelasan jawaban di bawah ini!.

Sebenarnya, kalau kalian dekati langit itu tidak berwarna biru. Melainkan tidak berwarna sama sekali. Warna yang kalian lihat itu merupakan hasil dispersi dari cahaya matahari. Warna biru pada langit yang kita lihat ternyata selama ini tidak lepas dari pengaruh atmosfir planet kita yaitu bumi.

Matahari memancarkan cahaya berwarna putih ke bumi. Namun, bumi telah dilindungi oleh atmosfer yang tersusun dari berbagai macam gas yang ada yaitu, seperti Nitrogen, Oksigen, Argon, serta uap air yang akan menyerap cahaya putih dari matahari tadi.

Seperti halnya di pelajaran fisika pernah di singgung tetang cahaya putih yang apabila di lewatkan bidang prisma, maka akan terdispersi menjadi spektrum cahaya. Sama halnya dengan cahaya matahari, setelah cahaya matahari ini masuk melewati atmosfer bumi, akan terdispersi pula menjadi berbagai macam gelombang. Masing – masing dari panjang gelombang ini akan bermunculan sebagai berbagai macam warna seperti warna pelangi.

Setiap masing – masing warna akan di pancarkan pada ketebalan prisma yang berbeda – beda pula. Panjang gelombang yang tinggi jika ditangkap oleh mata akan terlihat seperti warna merah, orange, kuning. Sedangkan panjang gelombang yang rendah apabila ditangkap oleh mata akan terlihat seperti berwarna biru, ungu, hijau.

Panjang gelombang tinggi yang dimiliki warna – warna tadi akan diteruskan secara lurus. Sedangkan warna yang memiliki panjang gelombang rendah akan disebarkan ke segala arah. Itulah yang menjadikannya warna langit dominan berwarna biru yang di sebabkan dari cahaya matahari yang disebarkan ke segala arah.

Peristiwa yang telah dijelaskan dari paragraf di atas dinamakan Rayleigh Scattering. Menurut Rayleigh, cahaya yang memiliki panjang gelombang rendah akan mempunyai intensitas perpendaharaan yang lebih besar.

Ketika hari menjelang sore, warna langit akan berubah warna menjadi merah agak kekuningan. Hal ini bisa terjadi karena letak posisi matahari yang tadinya tepat berada di atas kalian berubah menjadi serong sehingga jarak pandang kalian pun juga berbeda.

Dengan jarak yang berubah ini, maka ketebalan atmosfer yang ditembus oleh cahaya matahari hingga ke mata juga akan bertambah tebal. Atmosfer bumi yang kita tempati ini dapat dianalogikan seperti prisma yang akan meneruskan cahaya dengan disertai warna tertentu dan juga pada ketebalan tertentu.

Warna yang memiliki panjang gelombang tinggi yaitu berwarna merah diteruskan pada atmosfer yang lebih tebal sehingga warna langit yang dihasilkan akan terlihat tampak berwarna merah jingga pada saat matahari tersebut terbit atau terbenam. Begitulah ceritanya Kenapa Langit Berwarna Biru?.

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Membaca artikel yang Sudah Saya Tulis ini.

Sampai Jumpa, Pada Artikel Saya Berikutnya!!

Leave a Reply