Home >> Celoteh >> Ternyata Bahasa Indonesia Itu Kaya

Ternyata Bahasa Indonesia Itu Kaya

Ternyata gak semua kata yang sering kita gunakan sehari – hari berasal dari bahasa Indonesia. Banyak juga bahasa yang serapan dari bahasa asing. Padahal, sebenernya banyak dari kata – kata itu yang padanan dari bahasa Indonesia. Yuk simak di bawah ini istilah bahasa Indonesia yang bisa kamu gunakan sehari – hari.
1. Gincu “ Lipstick”
Sering kali kita menyebut pewarna bibir denag sebutan Lipstick, padahal sudah memiliki nama untuk menyatakan warna bibir yaitu Gincu. Kadang ini lucu untuk di dengar. Tapi apa salahnya untuk mulai menggunakannya. Itung – itung buat melesatarikan bahasa Indonesia.
2. Unduh “ Download”
Unduh merupak istilah yang berasal dari Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai padanan kata bahasa Inggris “ download” . Sebenarnya kata unduh bermakna “ambil” yang berasal dari bahasa jawa.
3. Unggah “ upload”
Nah kalau yang ini lawan katanya unduh. Unggah adalah padanan kata “upload” dalam bahasa Indonesia. Jadi jangan bingung ya kalu di komputermu ada kata unggah dan unduh.
4. Semenjana “ biasa – biasa saja”
Semenjana merupakan kata sifat yang menggambarkan keadaan yang menengah, biasa, dan sedang – sedang saja. Nah, kalau wajah mu itu biasa – biasa saja berart wajahmu semenjana.
5. Daring “online”
Daring adalah singkatan dari dalam jaringan, yang mana dimaksudkan untuk menjadi padanan kata online dalam bahasa Indonesia. Jaringan ini yang di maksud adalah jaringan internet. Jadi, kalau kamu sedang daring berarti kamu sedang tersambung denga jaringan internet.
6. Teyan “ fundraising”
Dalam kamus bahasa Indonesia teyan adalah pemungutan atau pengumpulan uang atau menyokong suatu kegiatan. Dengan makna tersebut, kalian bisa gunakan kata ini untuk mengumpulkan dana sumbangan atau iuran.
7. Suryakanta “Kaca pembesar”
Kata Surya diambil dari “matahari” Kanta “ kaca yang kedua belahnya melengkung”.
Nah setelah liat yang di atas. Apa masih percaya kalo Indonesia miskin kosakata?

Leave a Reply