Home >> Celoteh >> Sepeda Motor Juga Butuh Tuh Yang Namanya Perawatan
Sepeda Motor Juga Butuh Tuh Yang Namanya Perawatan

Sepeda Motor Juga Butuh Tuh Yang Namanya Perawatan

Seiring kemajuan teknologi dan kemajuan zaman kini motor telah ada dihampir setiap rumah. Selain karena harganya yang murah dan juga karena semakin canggihnya teknologi kendaraan motor. Kini motor sudah menjadi kebutuhan utama dalam rumah, bahkan anak-anak SMP saja ketika berangkat sekolah kini sudah banyak yang menaiki kendaraan bermotor Karena akses kendaraan umum yang sulit akhirnya banyak dari sekolah-sekolah yang memperbolehkan siswanya mengendarai sepeda motor.

Kemacetan dijalan raya tak jarang juga karena banyaknya sepeda motor yang melintas, hingga membuat jalan raya tersebut tidak cukup menampung banyaknya motor yang melintas. Meskipun dalam satu rumah itu memiliki mobil pasti dirumah tersebut juga ada motor, bahkan tidak hanya satu. Terkadang ada juga orang yang saking sayangnya dengan motornya akhirnya dia melakukan beberapa cara agar motornya tetap awet. Namun, tau nggak ternyata masih banyak dijumpai orang yang masih melakukan kesalahan dalam merawat motornya. Daripada merugikan diri sendiri, mending kita simak aja nih beberapa tips dalam merawat motor agar tetap awet :

  1. Jangan menggunakan motor yang masih baru untuk ngebut atau boncengan. Ketika motor masih baru jangan menggunakan motor untuk membawa beban terlalu berat sampai penggunaan 500 km, usahakan juga dalam mengendarainya dengan kecepatan yang stabil mulai dari pelan hingga kecepatan yang tinggi. Ini dilakukan agar mesin tetap awet dan dapat digunakan dalam perjalanan jarak jauh. Manfaatkan juga servis gratis dari dealer yang kalian gunakan untuk membeli sepeda motor. Manfaatkan juga penggantian oli selama 3 kali jalan, yaitu pada perjalanan 500 km, kemudian 1000 km, dan yang terakhir 2000 km.
  1. Jangan memanasi mesin terlalu lama. Pemanasan sepeda motor sebelum dipakai memang perlu namun jangan melebihi 2-5 menit, karena motor yang hidup terlalu lama dan motor tidak berjalan, mesin tidak akan mendapat pendinginan yang baik. Selain itu memanasi motor terlalu lama juga bisa menghabiskan bahan bakar terlalu banyak.
  1. Tertib mengganti oli. Tidak perlu terus-terusan menambah aditif pada oli motor, cukup dengan menggantinya ketika sudah pemakaian 2000 km sudah baik untuk menjaga motor kita agar tetap awet. Namun oli akan mengencer dan tidak baik lagi untuk motor, jika penggantian oli tersebut sudah melewati batas kilometer pemakaian. Jadi penggantian oli motor secara berkala memang sangat diperlukan untuk perawatan motor kita.
  1. Rutin mengecek kekencangan rantai motor. Motor tidak hanya dirawat bagian dalamnya saja, namun rantai pada sepeda motor juga harus sering dirawat agar rantai tidak cepat putus. Apalagi ketika sudah terdengar suara-suara yang aneh dari rantai motor, segeralah untuk memeriksanya agar rantai tidak putus di jalan.
  1. Jaga selalu kebersihannya. Jika ingin motor tetap bersih dan tidak cepat berkarat, rajin-rajin untuk mencuci motor, terutama setelah terguyur hujan. Setelah pemakaian jarak jauh cuci juga motor agar tidak terlihat kotor karena terkena debu, namun tunggu mesin motor sampai dingin baru cuci motor kalian.

Nah, sedikit tips untuk merawat motor. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply