Home >> Inspirasi & Motivasi >> Hayooo!!! Berkata Atau Diam

Hayooo!!! Berkata Atau Diam

Ada pepatah mengatakan mulutmu adalah harimaumu. Mulut adalah bagian anggota tubuh yang penting bagi manusia. Mulut berfungsi untuk berbicara, makan dan minum. Karena kalau tidak ada mulut manusia tidak akan bisa bicara. Dan mulut memanglah senjata yang dimiliki manusia. Maka berhati-hatilah jika menggunakannya.

Sebagai manusia biasa tidak luput dari kesalahan. Maka dari itu kita sebagai manusia berhati-hati dan berdoalah kepada Allah agar dijauhkan dari hal-hal yang jelek yang ada pada diri kita. Seperti contohnya ketika kita berbicara, berbicaralah dengan kata-kata yang baik, lemah, lembut dan tidak menyinggung perasaan orang lain. Berbicaralah seperlunya, berbicaralah yang baik-baik. Jangan mengumbar-umbar omongan yang tidak bermanfaat yang nantinya akan menimbulkan fitnah dan menyakiti hati orang lain. Lebih baik diam jika tidak tahu karena diam lebih baik dari pada harus ngomong tapi kenyataannya kosong.

Mulut adalah musuh kita dan mulut adalah senjata yang kita miliki. Kenapa bisa begitu??,, kerena mulut sangatlah berbahaya untuk kita khususnya bagi orang yang banyak bicara. Apalagi dimana saat kalian sedang bercanda dengan teman, pasti secara tidak langsung keluar perkataan yang mungkin bagi kalian itu bercanda tapi beda bagi teman kalian. Maka dari itu berkatalah yang baik, berkatalah yang jujur, sopan dan tidak menyakiti perasaan orang lain. Biasanya cewek-cewek apalagi kalau sudah berkumpul dengan temannya. Ada saja yang mau di bicarakan entah itu pengalaman, ngomongi temannya sendiri atau berdikusi dan lain-lain banyak lah. Berusahalah ketika kita berbicara dengan teman, guru, orang tua siapa sajakah itu, usahakan bicara dengan perkataan yang baik yang sopan dan kalau tidak mengerti lebih baiknya ditanyakan atau lebih baik diam dari pada harus ngomong tapi tidak sesuai dengan kenyataan.

Hayooo, bingung kan apa yang harus kita lakukan ketika berbicara. Berkata atau diam. Ya berkatakalah yang baik seperlunya saja. Dan jika tidak mengerti lebih baik diam.
Nah itulah sedikit artikel yang saya tulis semoga bermanfaat, jangan lupa likes dan share ya.

Leave a Reply