Home >> Wisata >> Kuliner >> 7 Kuliner Surabaya yang Wajib Dicoba
nasi krawu khas surabaya

7 Kuliner Surabaya yang Wajib Dicoba

Kota Surabaya yang terkenal dengan Kota Pahlawan ini ternyata tidak hanya menyimpan banyak kenangan sejarahnya tapi juga menyimpan banyak aneka macam masakan kuliner dengan cita rasa yang berbeda dari kota kota di Indonesia lainnya. Tidak heran kalau banyak orang yang mengunjungi kota ini hanya sekedar untuk mencicipi berbagai macam masakan kulinernya saja. Nah, ini nih 7 kuliner yang bener bener Wajib kamu cicipin saat ke Surabaya.
1. Sate Klopo
Pasti saat denger namanya kamu kira sate ini terbuat dari kelapa yang dibakar ya? Haha:D tapi kamu salah besar. Padahal sama halnya dengan sate sate lainnya. Sate klopo juga terbuat dari daging. Yang membuat berbeda adalah sate klopo terbuat dari campuran jeroan dan lemak sapi. Sebelum dibakar, sate ini juga dilumuri taburan kelapa terlebih dahulu. Jangan khawatir karena tidak bisa menemukan sate klopo ini, karena kamu pasti banyak menjumpai banyak penjual sate klopo di Surabaya.
2. Nasi Goreng Jancuk
Memang jika mendengar namanya kita pasti langsung berpikir “kok namanya Jancuk sih?”. Tapi ternyata pemilik nasi goreng ini menamakannya seperti itu karena porsi nasinya yang super banyak dan super pedas. Jenis kuliner ini pas banget buat kamu yang sangat menyukai kuliner yang extra pedas. Seporsi nasi goreng jancuk ini bisa dinikmati sekitar 4-5 orang dan harganya berkisar 100 ribuan saja.
3. Nasi Krawu
Kalo kamu ke Surabaya dan belom nyicipin nasi Krawu, dijamin nyesel dehh! Nasi krawu berasal dari Gresik, nasi krawu adalah perpaduan dari nasi putih dengan semur daging, serundeng, sambal terasi dan jeroan sapi. Nasi krawu sangat pas kalau disantap sebagai sarapan karena nasi putih yang hangat berpadu dengan lauk pauk yang gurik pasti akan memuaskan perut dan lidahmu.
4. Rujak Cingur
Jalan jalan ke Surabaya ga lengkap kalau belum mencicipi Rujak Cingur, Rujak yang bahkan telah terkenal di seantero indonesia. Rujak cingur memang terkenal dengan keunikan isiannya, yaitu terdiri dari aneka sayur, buah buahan, dan lontong yang disiram bumbu petis dan kacang. Keunikan lainnya juga adalah karena kuliner ini menggunakan cingur alias hidung kerbau sebagai bahan utama. Anda berani mencobanya?
5. Tahu Tek
Meski tampilannya sederhana, tapi tahu tek menjadi salah satu makanan primadona di Surabaya. Seporsi tahu tek berisi lontong, kentang, dan tahu goreng yang di gunting gunting diatasnya. Itulah keunikan dari makanan ini, bahan bahan yang biasanya di iris menggunakan pisau tapi di tahu tek malah digunting gunting. Setelah bahan bahan di gunting, lalu ditambahkan kecambah dan taburan seledri yang kemudian di siram bumbu petis di atasnya. Tak lupa di tambahkan kerupuk juga untuk menambah cita rasanya.
6. Rawon Setan
Kuliner Rawon Setan memang sudah terkenal di Surabaya karena kelezatan cita rasanya yang maksimal. Rawon adalah makanan khas Jawa Timur. Warna hitam pekat dari rawon berasal dari bumbu yang bernama kluwak. Rawon biasanya menggunakan daging sapi yang di potong potong membentuk persegi panjang dan kadang kadang ditambahkan jeroan atau kikil sapi.
7. Lontong Balap
Lontong balap ini bisa dibilang ikon makanan kota Surabaya. Kenapa bisa dinamakan lontong balap? Konon katanya si penjual menggunakan pikulan untuk menjual dagangannya ini. Karena berat, si penjual akan berjalan dengan tergesa gesa dan yang terlihat seolah olah si penjual sedang balapan. Lontong balap berisi potongan lontong, tahu goreng, lentho dan tauge yang banyak lalu kemudian disiram kuah, kuliner ini dijamin sangat nikmat untuk disantap.
Nah, itulah 7 masakan yang wajib kamu coba kalau berkunjung ke Surabaya. Selamat berkunjung ke Surabaya dan menikmati makanannya ya

Leave a Reply