Home >> Celoteh >> Apa Sih Akibatnya Kalau Kurang Tidur ?
Apa Sih Akibatnya Kalau Kurang Tidur ?

Apa Sih Akibatnya Kalau Kurang Tidur ?

Begadang, sampai nggak sempet tidur malam atau tidur hanya sebentar? Wah jangan diterusin tuh. Tau nggak sih tidur malam sangat penting untuk kita terutama untuk kesehatan kita. Tidur malam bukan hanya sekedar tidur antara 2 sampai 3 jam saja. Tidur malam juga harus diatur agar cukup untuk mengembalikan energi yang sudah kita gunakan seharian. Tidur malam sebaiknya dimulai pukul 9 malam atau 10 malam, agar kita bisa melakukan aktifitas dihari selanjutnyan dengan energi yang baru.

Tidur merupakan aktifitas rutin yang dilakukan oleh manusia yang digunakan untuk mengistirahatkan badan dan juga fikiran. Tidur yang cukup juga bisa membuat tubuh menjadi segar dan fikiranpun menjadi lebih fress. Namun, tidur sering kali diabaikan terutama jika kita sedang fokus mengerjakan sesuatu atau hanya sekedar ngobrol atau nonton tv sampai larut malam. Tapi, tau nggak sih orang yang kurang tidur malam malah akan membahayakan dirinya sendiri. Nah, inilah Beberapa akibat dari kurangnya tidur malam :

  1. Bisa mengakibatkan kecelakaan saat berkendara. Bagi kalian yang aktifitas sehari-hari berhubungan dengan kendaraan, tidur malam sangat penting untuk kalian. Karena kurang tidur bisa menghilangkan konsentrasi dalam berkendara sehingga angka untuk kecelakaan juga bisa semakin tinggi.
  1. Mengakibatkan konsentrasi menurun. Terutama bagi yang masih duduk dibangku pelajar atau yang bekerja dengan main otak, tidur sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi kita. Karena telah terbukti kurang tidur juga bisa munurunkan tingkat konsentrasi seseorang.
  1. Menyebabkan daya tahan tubuh lemah. Kurang tidur juga bisa membuat kita terserang beberapa penyakit mematikan, seperti penyakit jantung, stroke, penyakit kanker, dan penyakit bahaya lainnya.
  1. Berdampak kurang baik bagi kesehatan kulit dan mata. Kurangnya tidur bisa membuat kulit menjadi terlihat kusam serta mempercepat timbulnya kerutan. Selain itu juga bisa membuat mata menjadi membengkak dan berkantung.
  1. Membuat sering lupa ketika meletakkan barang atau sulit untuk mengingat sesuatu.
  1. Membuat tubuh kurang fress dan membuat malas untuk melakukan segala aktifitas.
  1. Kurang tidur ternyata juga bisa meningkatkan rasa emosional pada diri kita, sehingga membuat kita sering marah-marah tanpa ada sebab yang jelas.

Jadi, sudah jelaskan tidur malam sangat penting untuk menjaga kesehatan kita. Bagi yang masih suka begadang malam, ayo rubah pola fikir kalian untuk lebih menjaga kesehatan diri kalian sendiri. Karena kurangnya tidur malam akan merugikan diri kalian sendiri. Sehat itu mahal, lebih baik mencegah dari sekarang, daripada menyembuhkan ketika sakit sudah terlanjur menyerang.

Nah, itu sedikit tentang akibat kurangya tidur malam. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply