Home >> Pendidikan >> Pentingnya Peran Ayah Untuk Anak Perempuan

Pentingnya Peran Ayah Untuk Anak Perempuan

Seorang ayah memiliki kedudukan yang sangat penting didalam keluarga, tugas seorang ayah bukan hanya mencari nafkah , tapi seorang ayah juga berperan sebagai guru yang mendidik bagi anak-anaknya. Banyak di luaran sana ketika si anak salah pergaulan maka ayah menyalahkan ibu karena tidak mampu mendidik anaknya. Ini adalah suatu pemikiran yang salah. Semakin besar peran seorang ayah dalam mendidik anaknya, maka akan semakin meningkatkan kemungkinan kesuksesan bagi anak-anaknya.

Seperti yang kita ketahui, memiliki anak perempuan terkadang memberikan rasa hawatir untuk para orang tua. Yang perlu diketahui, hal ini karena anak perempuan cenderung rentan terhadap pergaulan bebas. Dan peranan sang ayah sangat lah penting dalam membentuk karakter anak perempuan nya. dengan limpahan kasih sayang dan perhatian sejak kecil akan membentuk karakter yang tidak mudah untuk dirayu, karena ia merasa sudah mendapatkan kasih sayang yang cukup dari sosok lelaki dirumahnya yaitu ayah.

Dengan limpahan kasih sayang, penghargaan dan pujian dari seorang ayah, ini akan membuat anak perempuan kita tahu dan menilai mana pria yang bertanggung jawab dan mana pria yang tidak bertanggung jawab. Dan anak perempuan kita tidak akan sembarangan menyerahkan dirinya kepada lelaki yang integritasnya tidak jelas. Karna ia sudah memiliki patron, lelaki baik dan bertanggung jawab seperti ayah nya. Ini adalah bekal si anak untuk berkata tidak, saat ia digoda dalam pergaulan bebas dan terhindar dari hubungan seks.

Disinilah peran seorang ayah menjadi penting

  1. Menjadi figur seorang suami yang mendamaikan pasangan nya. keluarga harus dibangun dengan pondasi yang sangat kuat. Kejujuran dan saling percaya satu sama lain. Terutama ketika si istri sedang mengandung, perlunya perhatian yang penuh dari seorang suami supaya istri dan si jabang bayi memiliki kenyamanan. Untuk itulah diperlukan perhatian dan kerjasama agar si jabang bayi bisa berkembang lebih baik.

  2. Memberikan nama yang baik untuk si jabang bayi. Banyak yang bilang kalau nama adalah doa, untuk itu lah tanggung jawab si ayah untuk memberikan nama yang baik bagi semua anak-anaknya. Dan ketika nama itu sudah didapatkan, hendaknya orang tua juga memanggil anak-anaknya pun dengan sebutan yang baik-baik juga.

  3. Ketika didalam rumah atau ditempat umum hendaknya orangtua menghindari kata-kata kasar yang keluar. Ketika ayah marah atau memiliki masalah dengan istri, berusahalah untuk tidak mengeluarkan kata-kata kasar atau makian kepada sang istri. Atau jika anak-anak melakukan kesalahan. Ketahuilah bahwa kesabaran seorang ayah sedang di uji, ketika seorang ayah mampu mengatasi emosi nya maka anak-anak pun akan melihat bahwa ayahnya adalah seorang yang sabar dan bijaksana dalam mengatasi permasalahan dalam keluarga nya. Dan saat itulah si ayah akan semakin dihormati bukan di takuti.

Berusahalah dengan sungguh-sungguh untuk menjadi ayah yang baik. Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi dengan anak-anak kelak nanti. Tapi perayalah, bahwa perilaku-perilaku baik yang telah Anda keluarkan , Anda tidak akan pernah mereka lupakan sampai selama-lamanya.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply