Home >> Agama >> Tips Ampuh! Cegah Bau Mulut Saat Puasa
Tips Ampuh! Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Tips Ampuh! Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Pingin puasa tapi takut bau mulut? Haha udah bukan waktunya lagi hal sepele seperti itu bisa membuat kalian jadi takut untuk mengerjakan puasa, entah itu puasa wajib atau puasa ramadhan atau sekedar puasa sunnah. Bau mulut memang terkadang bisa membuat kita kurang percaya diri jika harus keluar rumah apalagi ngobrol dengan teman atau kerabat kita.

Puasa memang salah satu amalan yang bisa mendatangkan banyak kefadholan untuk kita. Puasa tidak hanya kegiatan yang mengharuskan kita untuk tidak makan dan tidak minum dari mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Namun dalam berpuasa kita juga harus bisa menahan hawa nafsu, agar amalan-amalan yang kita kerjakan saat berpuasa tidak lebur begitu saja.

Namun, masih banyak nih orang-orang yang puasa, tapi mereka kurang bisa menahan amarahnya karena hal sepele yaitu bau mulut. Mungkin bau mulut ini akan membuat kita kurang percaya diri saat harus mengobrol dengan teman-teman kita. Bau mulut ini juga akan menghambat beberapa aktivitas kita. Tapi jangan khawatir, aku punya beberapa tips agar kalian tetap bisa percaya diri karena mulut kalian nggak akan bau lagi. Oke kalian bisa mengikuti beberapa tips ini:

  1. Mengkonsumsi air putih antara 3-8 gelas ketika malam hari atau ketika sahur. Selain untuk mencegah bau mulut, minum air putih juga bagus untuk orang yang berpuasa karena bisa mencegah dehidrasi selama kita masih dalam keadaan puasa.
  1. Menggosok gigi dan lidah secara teratur seperti biasa, terutama setelah berbuka puasa dan sahur. Hal ini dilakukan agar sisa makanan yang tertinggal dalam mulut bisa hilang dan tidak menyebabkan menumpuknya bakteri yang bisa membuat mulut kita menjadi bau. Allah tidak pernah melarang kita untuk menggosok gigi ketika kita masih dalam keadaan puasa, asal kita tidak menelan ludah kita selagi dilidah masih terasa ada rasa segar dari pasta gigi.
  1. Minum teh hijau saat sahur dan berbuka, tapi tidak perlu diberi gula. Karena teh hijau dipercaya mampu membersihkan kotoran-kotoran yang ada di mulut kita, sehingga mulut tidak akan bau jika kita rutin mengkonsumsi teh hijau ketika sahur dan berbuka.
  1. Sering-sering berkumur, tapi ingat jangan sampai air itu kalian telan, karena hal itu bisa membatalkan puasa kalian. Tidak harus berkumur dengan menggunakan obat kumur, cukup dengan berwudlu sebelum sholat, itu sudah bisa membersihkan bakteri-bakteri yang ada dimulut kita.
  1. Hindari tidur terlalu lama. Di hadist memang sudah dijelaskan tidurnya orang yang berpuasa itu pahala, namun dalil itu jangan salah diartikan mentang-mentang ada dalil seperti itu sepanjang hari waktu kita hanya kita gunakan untuk tidur. Padahal tidur terlalu lama selain membuat tubuh menjadi lemas, tidur terlalu lama juga akan membuat mulut kita semakin bau.

Jadi, menjaga kebersihan mulut memang penting untuk kita lakukan agar kita bisa terhindar dari bau mulut dan juga bau nafas. Puasa bukan menjadi alasan untuk tidak menjaga kebersihan mulut, malah ketika puasa kita harus lebih ekstra untuk menjaga mulut dan juga nafas kita. Menjaga pola makan seperti sering mengkonsumsi buah, jus atau yougurt juga bisa membantu kita mencegah bau mulut dan bau nafas.

Nah, itu sedikit tips untuk mengatasi bau mulut. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply