Home >> Celoteh >> Apa Kalian Tahu? Mengapa Air Laut Rasanya Asin.
Apa Kalian Tahu? Mengapa Air Laut Rasanya Asin.

Apa Kalian Tahu? Mengapa Air Laut Rasanya Asin.

Bagi kalian yang suka travelling pasti sudah tau dong kalau air di pantai itu asin. Tapi Apa Kalian Tahu? Mengapa Air Laut Rasanya Asin. Fenomena ini sudah lama dirasakan oleh setiap orang. Maka dari itu, mari kita simak apa penjelasan di bawah ini!

Pada dasarnya semua air yang bersumber dari bumi ini asin, namun kadar yang terkandung dalam setiap air itu berbeda – beda. Sebenarnya, air yang kita minum itu juga mengandung garam. Akan tetapi, sangat sedikit sekali kandungan garam di dalam air tersebut sehingga ketika kalian minum tidak terasa oleh lidah kalian.

Kalau air laut itu mempunyai kadar garam yang sangat tinggi. Kenapa bisa begitu? Jadi kronologisnya begini. Pada saat hujan turun, air yang berada di daratan akan terserap oleh tanah dan sedikit demi sedikit air tersebut akan keluar sendiri melalui sungai – sungai dan pada akhirnya sampailah air tersebut ke laut.

Nah, ketika perjalanan air tersebut menuju laut. Air itu juga membawa garam – garam mineral yang berasal dari daratan sehingga laut di penuhi garam – garam mineral. Kalian sudah pasti mengetahui bahwa permukaan lautan itu sangatlah luas, sehingga hal ini menjadi penyebab utama faktor penguapan yang cukup besar.

Pada saat air laut itu menguap, yang menguap hanyalah H20 (air) sedangkan garam – garam mineral yang sebelumnya terkandung dalam air laut tetap tertinggal bersama air laut. Hal inilah yang menyebabkan air di lautan itu asin.

Sedangkan, kadar keasinan yang terkandung di dalam air laut itu dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu oleh faktor suhu. Biasanya semakin panas suhu di daerah pantai akan menyebabkan air laut yang semakin asin. Air laut itu berasal dari laut atau samudera. Air laut mengandung kadar garam rata – rata 3.5%, yang berarti dalam 2.5 liter (2500ml) air laut terdapat 60 gram garam (namun tidak seluruhnya, garam dapur / NaCI).

Walaupun air laut dikenal memiliki kandungan garam yang tinggi sehingga membuat air laut itu asin. Akan tetapi, air laut juga mempunyai kandungan garam yang berbeda – beda pula. Air laut yang paling tawar selama ini ialah berada di Teluk Finlandia dan di utara Teluk Bothnia, keduanya ini berada di bagian dari Laut Baltik. Dan air laut yang paling asin selama ini ialah berada di Laut Merah, dimana suhu yang berada di laut ini sangatlah tinggi dan sirkulasi yang terbatas terdapat di Laut Merah, sekaligus sedikit sekali masukan air yang berasal dari sungai – sungai.

Yang menyebabkan air laut memiliki kadar garam adalah karena bumi dipenuhi dengan kadar garam mineral yang terdapat di tanah dan bebatuan. Contohnya ialah Kalsium, Kalium, Natrium, dll. Nah, sekarang kalian sudah tahu kan Mengapa Air Laut Rasanya Asin.

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Membaca artikel yang Sudah Saya Tulis ini.

Sampai Jumpa, Pada Artikel Saya Berikutnya!!

Leave a Reply