Home >> Binatang Peliharaan >> Apa Kalian Tahu? Mengapa Anjing Suka Menjulurkan Lidahnya.
Apa Kalian Tahu? Mengapa Anjing Suka Menjulurkan Lidahnya.

Apa Kalian Tahu? Mengapa Anjing Suka Menjulurkan Lidahnya.

Mungkin kalian yang sering beberapa kali menemui anjing yang suka menjulurkan lidahnya atau bahkan kalian malah setiap kali melihat anjing kalian selalu melihatnya dalam keadaan menjulurkan lidahnya. Apakah kalian penasaran mengapa anjing sering berbuat seperti itu? Mari simak penjelasan jawaban berikut ini!

Sejatinya manusia dan juga hewan mamalia lainnya memiliki suhu badan yang tetap dan konstan. Begitu pula dengan suhu badan yang dimiliki oleh seekor anjing yaitu sekitar 38̊ – 39̊ celcius. Namun, hewan anjing tidak memiliki kelenjar keringat pada lapisan pori – pori kulitnya. Karena seluruh tubuh anjing ditumbuhi bulu tebal yang menyebabkan keringat sulit keluar dari pori – pori seluruh permukaan kulit anjing.

Maka dari itu, keringat yang sulit keluar dari pori – pori kulit akan dikeluarkan melalui pori – pori yang ada di lidah anjing tersebut. Yang menyebabkan anjing selalu menjulurkan lidahnya dan bernafas seperti sedang terengah – engah seolah – olah telah berlari seharian.

Hal ini bertujuan bagi anjing untuk membantu menarik udara lebih cepat di sepanjang lidahnya. Udara ini bertujuan untuk mengurangi kelembaban dan mendinginkan darah pada lidah. Darah yang sudah di dinginkan lewat lidah ini kemudian akan mengalir ke sepanjang tubuh anjing lalu mendinginkan tubunya tersebut.

Bukan hanya cuaca panas saja anjing akan menjulurkan lidahnya. Begitu pula ketika anjing sedang berlari atau melakukan aktifitas yang dapat menyebabkan suhu badannya naik, anjing itu akan selalu menjulurkan lidahnya untuk mengatur suhu badannya agar selalu berada di suhu tubuh yang normal.

Berbeda dengan manusia, kelenjar keringat anjing bukan di daerah kulitnya. Akan tetapi, berada di telapak kakinya sehingga tidak jarang ketika telapak anjing ini mengeluarkan keringat, jejak anjing yang basah akan terlihat di lantai.

Mengapa harus menjulurkan lidah? Karena bagi anjing sendiri, dengan cara menjulurkan lidah itu merupakan cara yang sangat efektif untuk menurunkan suhu badan agar ke level yang normal.Nah, sekarang ini kalian sudah tahu kan Mengapa Anjing Suka Menjulurkan Lidahnya.

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Membaca artikel yang Sudah Saya Tulis ini.

Sampai Jumpa, Pada Artikel Saya Berikutnya!!

Leave a Reply