Home >> Celoteh >> Alasan kamu susah mapan

Alasan kamu susah mapan

Bingung kenapa kamu gak mapan – mapan. Padahal sudah rajin, giat bekerja, dapat bonus dari pekerjaan. Tapi masih sering bokek. Di sini ada beberapa penyebabnya susah mapan, mari di simak.
1. Malas mencatat pengeluaran
Kamu tidak mencatat pengeluaran yang sudah kamu pakai. Seharusnya pengeluaran sekecil apapun dari mulai membeli makan, jajan – jajanan kamu catat. Dengan itu kamu bisa tahu mana pengeluaran yang harus diminimalisir dan bagaimana cara meminimalisikannya.
2. Kamu Terlalu Sering Ngutang
Utang banyak beberapa jenis, contohnya Kredit modal usaha, memang tak terhindarkan. Tapi kalau yang melilitmu adalah hutang kartu kredit bagaimana? Ingat kartu kredit ibarat perang medan antara nasabah dan bank. Kalau nasabah menang, dia akan dapat banyak diskon dan fasilitas tanpa harus tekor. Tapi kalau nasab kalah, bisa bisa dia kehilangan rumah.
3. Tak Cukup Menabung
Padahal kalu mau hidup mapan kamu harus punya tabungan yang banyak. Tabungan juga penting supaya kamu gak kocar kacir dan terpaksa ngutang atau ada kebutuhan yang mendadak.
4. Kamu gak punya dana darurat
Menurut para ahli keuangan , kamu harus punya dana senilai enam bulan gaji untuk sewaktu – waktu keperluan darurat. Jangan sampai ada keperluan mendadak kamu ngutang kesana kemari.
5. Lebih suka mengeluh dari pada berusaha
Belum di praktekan sudah mengelu duluan. Seharusnya harus semangat, bekerja keras, berusaha. Karena kegagalan bukan lah sesuatu yang membuat mu putus asa. Kegagalan adalah awal dari keberhasilan.
6. Gak mau mikirin masa depan
Kamu tidak memikirkan kedepannya, kamu dengan seenaknya memakai uang dengan boros.
7. Kamu gampang ngambil resiko dalam investasi
8. Kamu gak ngerti dan paham kerasnya hidup
Masalah utama bukan kamu boros, bukan juga kecenderungan kamu ceroboh. Masalah utama adalah kamu gak paham kerasnya hidup. Kamu selalu punya orang yang memikulmu dari belakang akibat dari kesalahan – kesalahan mu.
Itu penyebabnya kamu gak mapan – mapan.

Leave a Reply