Home >> Agama >> Tips Cerdas! Menghilangkan Rasa Galau Menurut Islam
Tips Cerdas! Menghilangkan Rasa Galau Menurut Islam

Tips Cerdas! Menghilangkan Rasa Galau Menurut Islam

Pasti pernah nih diantara kalian yang ngrasain namanya galau, iya nggak sih? Galau entah karena kebanyakan tugas, lagi bete, atau mungkin karena hal percintaan. Galau tidak hanya dirasakan oleh anak-anak remaja saja, anak kecil atau bahkan orang tua pasti juga pernah nih yang namanya galau. Karena galau sebenarnya memiliki banyak makna namun banyak orang yang mengatakan kalau sebenarnya galau itu perasaan kacau dalam hati, bingung memilih, atau juga bisa perasaan ragu-ragu.

Namun perasaan galau seperti ini tidak boleh dibiarkan lama-lama dalam hati, karena perasaan ini malah akan menghambat segala kegiatan kita. Perasaan galau malah akan membuat kita merasa malas untuk melakukan segala aktifitas. Sedangkan Allah tidak suka pada hambanya yang suka bermalas-malasan.

Nah, mungkin memang susah ya kalau harus secepat itu menghilangkan perasaan galau, tapi kita bisa nih melakukan beberapa tips menurut islam di bawah ini agar perasaan galau cepat hilang. Oke simak baik-baik ya :

  1. Menyibukkan diri dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti memperbanyak membaca Al-Qur`an. Karena dengan seringnya kita membaca al-qur`an kita akan diberi rasa ketenangan, ketentraman, serta perasaan bahagia oleh Allah. Al-Qur`an juga sebagai pedoman sekaligus penerang dalam hidup kita. Jadi ketika kita sedang merasa galau mungkin hati kita sedang gelap dan sedang dipengaruhi syetan, dan obat yang ampuh untuk menerangkan hati serta melawan godaan syetan yaitu dengan memperbanyak membaca Al-Qur`an.
  1. Sholat Tahajud disertai dengan berdoa di sepertiga malam yang akhir. Kenapa sih kita harus memilih waktu yang mana orang sedang pada tidur semua, padahal sholat 5 waktu juga bisa kan?? Nah, selain diwaktu ini doa-doa kita langsung dikabulkan oleh Allah diwaktu ini juga suasana sedang sepi, jadi kita akan bisa puas dan bisa lebih fokus ketika berdoa. Bahkan kita bisa curhat dengan Allah melalui doa-doa kita.
  1. Melakukan beberapa puasa sunah, seperti puasa nabi dawud atau puasa senin kamis secara rutin. Mungkin banyak orang yang berpendapat, kalau perut kosong kitakan malah tidak bisa berfikir jernih, ini kok malah disuruh puasa sih? Nah, mulai sekarang nih jangan pernah berfikir kalau puasa malah membuat pikiran kacau karena lapar. Karena puasa itu mengajarkan kita untuk menahan hawa nafsu sehingga syetan akan sulit untuk menggoda kita. Sehingga kita akan selalu merasa senang dan seakan-akan tidak pernah ada masalah, dan kita juga bisa menahan amarah kita, sehingga hati bisa semakin merasa tenang.
  1. Memperbanyak Dzikir kepada Allah. Selain untuk meminta ampun kepada Allah dzikir juga bisa membuat hati kita semakin tenang dan tentram, karena dengan banyak dzikir kita juga bisa merasa semakin dekat dengan Allah. Dzikir juga bisa membersihkan hati dan jiwa dan juga bisa melunakan hati yang keras, sehingga ketika kita mendapat nasehat kita bisa menerimanya dengan lapang dada dan hal itu bisa membuat hati juga bisa semakin longgar.
  1. Tidak terus-terusan menyalahkan takdir. Mungkin Allah memberikan beberapa cobaan yang bisa membuat kita gelisah dan tidak tenang. Padahal Allah memberikan cobaan itu untuk kita agar kita bisa berfikir dan bisa mengambil hikmah dari semua permasalahan itu. Allah memberikan cobaan itu bukan karena Allah mujrka dengan kita, melainkan karena Allah sangat menyayangi kita, sehingga Allah memberikan cobaan itu untuk kita.

Nah, itu sedikit tips untuk mengatasi perasaan galau. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply