Home >> Agama >> Ambil Keberkahan Dari Sebuah Kurma.
Ambil Keberkahan Dari Sebuah Kurma.

Ambil Keberkahan Dari Sebuah Kurma.

Jangan remehkan pohon kurma yang sejak dulu dikenal berasal dari dataran sekitar Teluk Persia. Karena dari pohon kurma ini bisa menghasilkan buah yang namanya juga sama dengan pohonnya yaitu buah kurma. Buah kurma ini termasuk salah satu makanan favoritnya nabi Muhammad SAW.

Ternyata buah kurma ini mengandung banyak sekali manfaat di dalamnya, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kalian masing – masing. Dr. David Conning, direktur British Nutrition Foundation telah membuktikan bahwa segelas air yang mengandung glukosa  akan diserap oleh pencernaan tubuh dalam waktu 20 – 30 menit. Sedangkan glukosa yang terkandung dalam buah kurma baru terserap habis dalam waktu sekitar 45 – 60 menit.

Hal ini membuktikan bahwa kebaikan yang terkandung dalam sebuah kurma memang sangat bermanfaat bagi kesehatan seseorang yang rajin mengkonsumsi buah ini. Daging buah kurma sendiri mengandung gula yang sederhana seperti halnya fruktosa dan dekstrosa, dengan begitu gula itu akan mudah dicerna dan cepat untuk memasok ulang energi dalam tubuh yang dibutuhkan.

Karena karakteristik yang ada dalam buah kurma tersebut, maka kurma ini memang sangat cocok untuk mengawali saat – saat berbuka puasa. Kandungan lain yang terkandung dalam sebuah kurma basah ialah karbohidrat berkisar 60% (pada kurma basah, yang dipanen sewaktu masih lembek dan mentah), dan sekitar 70% karbohidart yang terkandung dalam kurma yang kering (kurma yang telah mengering di pohon terkena sinar cahaya matahari).

Dengan kalian mengkonsumsi 100 gram buah kurma setiap harinya, kalian akan menyuplai 230 kilo kalori atau 960 kilo joule energi dalam tubuh kalian masing – masing. Dr. Anwar El Mukti juga telah membuktikan bahwa zat glukosa atau yang biasa kalian sebut sebagai zat gula yang terkandung dalam setiap buah kurma ialah 70% dan zat gula ini tidak membahayakan bagi kesehatan.

Gula glukosa (jenis gula dalam darah) atau fruktosa (jenis gula yang terkandung dalam sebagian buah – buahan), kedua zat ini sangat mudah dicerna dan dibakar oleh tubuh yang akan mengahasilkan tenaga yang tinggi, tanpa perlu mempersulit tubuh untuk mengolah, mencerna dan menjadikannya sebagai gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jikalau kalian mengalami gangguan pencernaan, maka dengan kalian rajin mengkonsumsi buah kurma secara rutin hal itu bisa saja untuk menyembuhkan sakit yang kalian derita. Penelitian dari Universit of Scranton berhasil menemukan, bahwa dalam sebuah kurma itu juga kaya akan zat antioksidan yang bernama polyphenol. Saran dari The American Cancer Society adalah supaya rajin mengonsumsi 20 – 35 gram serat pangan (dietary fiber).

Kebaikan lain yang ada dalam buah kurma ialah terdapat serat pangan yang larut dan tidak larut. Dimana serat yang tidak larut itu akan membantu proses pencernaan dengan cara mendorong makanan ke saluran cerna. Sedangkan serat yang mampu mencegah penyakit jantung dengan cara menurunkan tingkat LDL (Low Density Lipoprophyl) atau juga kolestrol jahat adalah serat yang larut. Bukan hanya itu saja, serat yang larut itu juga dapat menurunkan kadar gula darah, yang berujung akan membantu menjaga penyakit diabetes agar tetap terkendali.

Buah yang memiliki nama ilmiah dactylifera phoenix ini memiliki sumber vitamin A, vitamin A ini baik yang diperlukan untuk kesehatan mata, diperlukan juga sebagai menjaga kulit agar tetap sehat dan terjaga, dan juga vitamin A ini akan membantu melindungi dari penyakit kanker paru – paru dan rongga mulut.

Dan masih banyak lagi keberkahan yang terkandung dalam buah kurma ini. Maka dari itu, tunggu apalagi untuk segera rajin mengkonsumsi buah kurma ini sekaligus juga akan mendapatkan pahala karena menghidupkan sunnah nabi Muhammad SAW.

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Membaca artikel yang Sudah Saya Tulis ini.

Sampai Jumpa, Pada Artikel Saya Berikutnya!!

Leave a Reply