Home >> Celoteh >> Manisnya Kurma Yang Menyehatkan
Manisnya Kurma Yang Menyehatkan

Manisnya Kurma Yang Menyehatkan

Ketika bulan puasa datang pasti nih nggak asing lagi kalau denger yang namanya buah kurma. Karena buah ini kebanyakan dikonsumsi untuk berbuka puasa. Buah ini memang cocok digunakan untuk berbuka puasa karena memang buahnya yang gampang bikin kenyang serta rasanya yang manis.

Kurma biasanya tumbuh di beberapa negara Timur Tengah, termasuk negara Arab. Pohon ini tumbuh di daerah padang pasir dan tergolong dalam kategori palma. Pohon ini memiliki daun yang sedikit serta terdapat duri pada tangkainya. Kurma sudah menjadi makanan pokok di beberapa negara Timur Tengah. Dan jika dilihat ke sejarah islam, pohon kurma memang sudah ada sejak zaman Rasulullah. Namun di zaman sekarang ini tidak hanya kurma yang dikonsumsi saat berbuka puasa, susu dan juga yougurt kini juga sudah menjadi makanan pembuka ketika berbuka puasa.

Kurma memang memiliki waktu berbuah yang cukup lama, paling tidak sekitar 4 hingga 7 tahunan. Dan baru bisa dipanen sekitar 7 sampai 10 tahunan. Namun dalam 1 pohon kurma kita bisa memanen buahnya sekitar 80 kg sampai 100 kg. Sedangkan dalam 1 kebun pasti nggak cukup hanya 1 pohon, bahkan terkadang bisa sampai berpuluh-puluh atau beratus-ratus pohon. Harga jual dari kurma pun berbeda-beda tergantung jenis kurma yang dijual, namun kurma yang asli dari arab memang harganya terbilang mahal.

Selain menjadi makanan favorit atau makanan pokok di zaman Rasulullah serta memiliki harga yang terbilang mahal, namun kurma ternyata memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Berikut beberapa kandungan dan manfaat dari buah kurma :

  1. Buah kurma mengandung vitamin C, sehingga cocok untuk mengobati gangguan sariawan serta bisa menyehatkan kulit.
  2. Kurma mengandung mineral, sehingga bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  3. Buah kurma mengandung vitamin K, sehingga sangat cocok untuk membantu penyembuhan luka.
  4. Kurma juga mampu mencegah penyakit stroke, karena buah kurma dapat membunuh kolesterol jahat dalam tubuh kita.
  5. Kurma juga mengandung kalium, sehingga dapat membantu menstabilkan denyut jantung dan juga tekanan darah pada tubuh.

Nah, itu sedikit tentang buah kurma. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply