Home >> Inspirasi & Motivasi >> Bersyukur karna Cobaan

Bersyukur karna Cobaan

Apakah anda pernah mengeluh akan hidup ini? Pastinya pernah kan, pernah mengalami masa-masa yang sulit dan bahkan menyerah dengan keadaan.
Setiap manusia yang diciptakan oleh Allah tak akan pernah lepas dari yang namanya cobaan, sebuah cobaan yang kita alami tak akan pernah berakhir sampai waktu ajal kita tiba nanti. Mungkin kita pernah mengalaminya, saat dimana semua masalah ada dihadapan kita,saat pemikiran kita mulai kacau, saat dimana orang lain menjauhi kita, atau lebih buruk dari apa yang bisa kita fikirkan. tapi semua itu adalah ujian yang harus kita tempuh untuk menjalani hidup ini. Menjalani setiap harinya dengan penuh semangat dan yakin bahwa semua itu ada hikmahnya. Allah telah menggariskan takdir apa yang diberikan kepada hambanya, kita harus iklas dan sabar menerima takdir itu.
Tapi jangan pernah mengeluh dengan sebuah cobaan, karena cobaan itu akan indah jika kita syukuri. Bersyukur bukan hanya karna kita mendapat kesenangan dari allah tapi juga cobaan. Dengan dicoba berarti allah masih menyayangi kita, kita ibarat melewati sebuah jalan menuju kesuksesan, tapi di dalam perjalanan yang kita tempuh tak akan selalu mulus, tapi berbagai macam rintangan harus kita lewati dan taklukan untuk sampai di tempat yang kita inginkan. Kalau kita menyerah atau berhenti tidak mau berusaha berarti kita kalah.bisa saja kita tidak mendapat apa yang kita inginkan. Tapi dengan sikap pantang menyerah dan berusaha tentunya ada jalan yang bisa kita tempuh untuk sampai di tujuan yang kita inginkan.
Dari sebuah cobaan kita bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang kita perbuat, bisa belajar bagaimana menyikapi hidup ini, usaha dengan doa adalah cara melewati itu semua.kita berusaha dengan sekuat tenaga kalau tidah dibarengi dengan berdoa sama saja hasilnya akan sia-sia. Ketika kita di beri cobaan kita perbanyak berdoa, perbanyak meminta ampunan kepada allah, minta agar diberi ketabahan dan di berikan jalan keluar, berdoa adalah salah satu cara mendekatkan diri dengan pencipta kita. Jadi dengan berdoa hati kita akan merasa tenang dan perasaan kita akan selalu pasrah menerima segala cobaan yang allah berikan untuk kita. Dan kita bisa melewati sebuah cobaan itu dengan berhasil.seperti dalam QS.Al Insyirah 5-6 yang dijelaskan “(5) karena Sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan (6) sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan “. Jadi bisa diambil kesimpulan sesulit apa hidup yang kita tembuh, jalan yang harus kita lewati akan ada kemudahan untuk bisa melewati semua kesulitan itu.
Ketika kita diberi cobaan berarti keimanan kita sedang diuji oleh allah, bukannya setelah itu kita harus menyerah dengan keadaan bahkan marah,akan tetapi kita harus lebih semangat dalam menyikapi segala cobaan dan rintangan. karna dibalik sebuah cobaan akan tersimpan banyak pelmbelajaran dan hal yang lebih baik dari sebelumnya. Cobaan yang kita alami bukan hanya sekali tetapi setiap satu selesai masih ada di depannya. Jadi janganlah menyerah dan kuatkan keimanan kepada allah, perbanyak melakukan hal yang positif , karna sebuah cobaan akan membuat kita lebih bijaksana dan sifat-sifat positif dan teladan akan muncul dari kita. Enggak ada salahnya kalau kita menganggap cobaan itu manis? Manis karena kita bisa lebih memperbaiki diri dan lebih bersyukur dalam menjalani hidup di dunia ini.
Jangan pernah menyerah dengan cobaan, karena akan ada sesuatu yang indah dibalik semua cobaan yang kita alami. Selalu berusaha dan berdoa untuk menyelesaikan sebuah rintangan-rintangan yang kita alami di dunia ini, agar sesuatu yang kita inginkan bisa tercapai.

hadapi semua dengan senyuman dan tetap bersyukur 🙂

Leave a Reply