Home >> Wisata >> Pulau Tidung

Pulau Tidung

Pulau Tidung termasuk dalam gugusan Kepulauan Seribu. Pulau tidung masih dalam wilayah DKI Jakarta. Dan bisa menjadi salah satu alternatif weekend anda untuk refreshing sejenak di kota metropolitan. Sebenarnya Pulau Tidung terdiri atas 2 pulau yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar merupakan pulau terbesar yang ada di Kepulauan Seribu dan sedangkan Pulau Tidung Kecil tidak berpenghuni.

Pulau Tidung memiliki pasir pantai yang putih dan air laut yang berwarna biru cerah, dan memiliki banyak terumbu karang. Wisatawan bisa snorkling menikmati suasana terumbu karang yang sangat indah dan ikan-ikan yang menawan

Pulau Tidung Besar dna Pulau Tidung Kecil dihubungkan oleh jembatan yang menjadi ciri khas dari pulau ini. Jembatan ini dikenal dengan Jembatan Cinta. Jembatan Cinta menjadi salah satu tempat yang biasa dikunjungi bagi wisatawan. Panjang jembatan ini kurang lebih 800meter. Jembatan Cinta ini terbuat dari kayu, wisatawan dapat melihat pemandangan didalam laut seperti terumbu karang dan ikan-ikan yang sangat cantik di sisi jembatan. Saat pagi atau sore, jembatan ini menjadi sangat romantis untuk melihat sunrise atau sunset. Dan wisatawan juga dapat menguji adrenalin dengan melompat ke laut dari Jembatan Cinta yang tingginya hampir 10meter aktivitas ini sudah biasa dilakukan oleh para wisatawan.

Oh ya untuk transportasi wisatawan untuk mencapai ke pulau tidung kita bisa menggunakan kapal dari Muara Angke dengan waktu 2-3 jam. Jadwal keberangkatan kapal menuju Pulau Tidung yaitu pukul 07:00 wib. Biaya naik perahu untuk sampai ke Pulau Tidung yaitu sebesar Rp 33.000.00.- per orang. Wisatawan bisa dengan cara lain untuk menuju Pulau Tidung, yaitu dengan menggunakan jasa wisata yang ditawarkan. Biasanya kapal akan berangkat dari Ancol dan menggunakan kapal boat khusus, dan sudah pasti harganya lebih mahal dibanding menggunakan perahu.

Fasilitas yang ada di Pulau Tidung cukup banyak mulai dari bersepeda mengelilingi pulau, pantai, dan menyusuri Jembatan Cinta, wisatawan dapat menyewa sepeda dengan harga Rp 15.000,- per hari, memungkinkan anda untuk mengelilingi pulau ini dengan puas. Tidak ada mobil di pulau ini sehingga jalan-jalan yang ada di antara rumah-rumah penduduk bukanlah jalan yang lebar.

Ada juga Snorkling yang merupakan kegiatan yang tepat dilakukan di Pulau Tidung, air nya yang sangat jernih membuat kita dapat melihat ikan-ikan yg cantik dan terumbu karang yang sangat indah. Jika anda tidak membawa alat snorkling anda dapat menyewa dengan harga Rp 35.000,-. Untuk menikmati yang lebih indah, wisatawan dapat menyewa perahu agar dapat mencapat beberapa spot bawah laut yang amat sangat cantik.

Banana Boat dan Kano merupakan permainan air yang dapat dicoba disekita Pulau Tidung atau pun berenang ditepian pantai karena pantai nya yang dangkal dan airnya yang sangat bersih dan layak menjadi tempat main-main atau pun berenang.

Jika wisatawan ingin menginap. Di Pulau Tidung banyak homestay atau rumah-rumah penduduk yang disewakan, wisatawan dapat memilih yang ada AC nya atau tanpa AC. Walaupun tidak semewah hotel atau resort, penginapan di Pulau Tidung cukup bersih dan pasti harganya yang sangat terjangkau. Atau para backpakers ingin mencoba suasana yang lain, yaitu dengan berkemah dipinggir pantai untuk bermalam. Untuk menuju pulau ini tidak diperlukan biaya yang terlalu besar. Banyak paket wisata yang menawarkan ke pulai ini dengan biaya sekitar Rp 300.000,- yang sudah mencakup biaya transportasi, makan, dan penginapan.

Pulau Tidung ini patut dikunjungi jikalau anda yang berada di kota metropolitan bosan dengan keadaan polusi yang sangat banyak. Anda bisa mengunjungi Pulau Tidung dengan keindahan yang menawan dengan biaya yang sangat terjangkau!

Leave a Reply