Home >> Agama >> Sebenarnya Apa Sih Puasa Asyura Itu?
Sebenarnya Apa Sih Puasa Asyura Itu

Sebenarnya Apa Sih Puasa Asyura Itu?

Bagi kalian yang merasa umat islam pasti udah taukan apa sih puasa asyura itu? Tapi mungkin banyak juga nih dari kalian yang lupa apa itu puasa asyura karena memang puasa ini hanya dikerjakan setiap satu tahun sekali aja, jadi maklum deh kalau kalian banyak yang lupa hehehe. Puasa Asyura adalah puasa pada tanggal 10 muharam, namun karena dulu sebelum wafat nabi pernah bersabda “Apabila usiaku sampai tahun depan, maka aku kan mengerjakan puasa pada hari kesembilan” sehingga puasa asyura dilaksanakan setiap tanggal 9 dan 10 muharam.

Puasa ini bersifat sunnah muakad atau sunnah yang dianjurkan, karena mengingat pahalanya yang luar biasa sehingga membuat puasa ini sangat rugi jika ditinggalkan, namun puasa ini tetap tidak membuat dosa bagi orang yang tidak melaksanakannya. Jadi intinya puasa ini tidak berdosa jika ditinggalkan, juga tidak diwajibkan untuk dilaksanakan.

Tapi seandainya nih kita lupa tidak melaksanakan puasa asyura saat tanggal 9 muharam, boleh gak sih kita tetap puasa di tanggal 10 muharam? Wahh pasti penasaran ya apa jawabannya, oke, aku akan menjelaskan sedikit tentang orang yang tidak puasa saat tanggal 9 muharam. Puasa Asyura sebenarnya hanya dilaksanakan saat tanggal 10 saja namun karena itu sudah nadzar nabi sehingga puasa saat tanggal 9 muharam juga disunahkan untuk berpuasa, sekaligus sebagai pembeda puasanya umat islam dengan kaum yahudi. Namun jika kalian lupa tidak melakasanakan puasa ditanggal 9 muharam, namun ingin melaksankan puasa ditanggal 10 muharam sebaiknya mengganti puasa ditanggal 9 muharam tadi dengan puasa ditanggal 11 muharam. Karena puasa tanggal 11 muharam itu sebagai pembeda antara kaum yahudi dengan umat islam. Puasa Asyura memang bisa dilaksanakan dengan 3 cara, yang pertama puasa tanggal 9 dan 10 muharam, yang kedua bisa puasa saat tanggal 10 dan 11 muharam, yang ketiga kita bisa puasa hanya ditanggal 10 muharam saja.

Puasa Asyura ini memang sangat sayang jika dilewatkan karena mengingat keutamannya yang sangat luar biasa. Sedikitnya ada 3 keutamaan dari puasa asyura yang akan membuat kalain menyesal jika tidak melaksanakannya. Pertama puasa asyura termasuk puasa yang paling utama setelah puasa di bulan Ramadhan. Kedua, puasa asyura merupakan puasa yang paling istimewa dan paling diutamakan oleh Rasulullah. Dan ketiga, puasa asyura ini memiliki keutamaan dapat menghapus dosa setahun sebelumnya. Wahh pasti nyesel banget nih buat kalian yang nggak bisa meraih puasa asyura ini karena memang keutamaanya yang sangat pol untuk kita. Namun, jangan khuatir kita bisa melaksanakannya di tahun depan, jika memang Allah masih memberi kita umur yang panjang, amiiin.

Nah, itu sedikit tentang puasa asyura. Semoga bisa menjadi motivasi untuk mengerjakannya. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply