Home >> Rubrik Remaja >> Nikah Muda? Siapa Takut.
Nikah Muda? Siapa Takut.

Nikah Muda? Siapa Takut.

Berbicara tentang nikah muda, membuat saya teringat akan cerita dari zaman nabi Muhammad SAW. Yang pada zaman itu nabi Muhammad SAW telah menikahi sang istri yang bernama Aisyah yang pada saat itu masih berumur 7 tahun. Apa yang membuat aisyah saat itu termotivasi dengan menerima pinangan nabi di umurnya yang masih belia itu?.

Nabi pun telah bersabda bahwa “Wahai pemuda, barangsiapa di antara kalian telah mampu maka hendaknya menikah, karena ia lebih menundukkan pandangan dan lebih memelihara kemaluan. Dan barangsiapa yang belum mampu, maka hendaknya ia berpuasa, sebab ia dapat mengekangnya.” (HR Bukhari).

Maka dari itu, untuk apa kalian menunda – nunda pernikahan kalau toh kalian sudah mampu untuk menjalani pernikahan. Ingat Yah!! Yang Sudah Mampu Saja. Karena ini hanyalah anjuran saja, apabila kita mengerjakannya mendapatkan pahala. Namun bagi kalian yang memang belum siap jangan dipaksakan dulu, akan tetapi hendaklah berpuasa agar hawa nafsu kalian tetap terjaga.

Tanpa kalian sadari bahwa dengan Nikah Muda itu akan membuat kalian akan merasakan beberapa manfaat yang telah allah janjikan terhadap umatnya. Dan terbukti beberapa pasangan yang telah menikah muda itu telah mendapatkan banyak manfaat dari sunnah rasul ini. Beberapa diantaranya ialah:

  • Terjaga Dari Dosa.

Dosa zina ialah dosa yang paling besar diantara dosa – dosa lainnya. Kalian pasti sudah sangat tahu, kalau zaman sekrang ini model dan gaya berpacaran yang dilakukan anak remaja saat ini terlihat seperti suami istri yang seakan – akan halal untuk melakukan apapun. Nah, dengan kalian menikah muda kalian akan terhindar dengan dosa yang membuat kalian terjerumus ke dalam api neraka.

Bagaimana bisa berpacaran saja bisa menghasilkan dosa? Sebab pacaran itu dilakukan oleh 2 insan yang tentunya lawan jenis, karena itu syeitan lebih suka menggoda anak adam yaang sedang berdua – duaan apalagi yang bukan makhromnya. Bisa – bisa hawa nafsunya itu tidak terjaga, dan akan membuat kalian rugi dunia akhirat.

  • Lebih Enjoy.

Mengapa bisa lebih bahagia? Sebab hasil riset dari amerika membuktikan bahwa mereka yang nikah di usia 20 – 28 tahun merasa sangat puas dengan pernikahannya di usia muda tersebut. Terlebih lagi pasangan muda ini belum banyak memiliki ego – ambisi oleh masing – masing pasangan tersebut.

  • Membantu Percepatan Kesuksesan Di Usia Muda.

Allah sudah berfirman terhadap umatnya “Dan, kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan, Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha mengetahui” (Q.S : An-nur : 23).

Menikah di usia yang masih muda, menjadikan semangat muda yang masih membara diantara kalian berdua. Sehingga berpengaruh terhadap pekerjaan yang dilakukan, tentunya rezeki pun datang atas izin allah dan janji allah.

  • Lebih Bisa Mengontrol Emosi.

Usia muda memang lebih dikenal dengan usia dimana emosi kalian masih belum stabil. Bisa saja hal itu bisa terjadi di awal – awal pernikahan kalian yang setelah sekian lama mengalami banyak masalah yang tak kunjung padam. Namun, hal itu jangan kalian takutkan. Justru dengan adanya hal tersebut kalian lebih cepat untuk mendewasakan pasangan kalian masing – masing.

Hasil studi sosiolog Norval Glenn dan Jeremy Uecker pada tahun 2010 mendukung hal ini membuktikan bahwa menikah pada usia muda akan lebih bermanfaat dari sisi kesehatan dan mengontrol emosi pada diri pasangan masing – masing. Dalam arti, memulai hubungan rumah tangga ataupun menikah di usia muda membuat emosi seseorang lebih terkontrol.

  • Mempunyai Waktu Dan Energi Bersama Anak Kelak.

Sejatinya dari pernikahan ialah melahirkan generus – generus yang sholih sholihah dalam islam. Bukan terlahir dari sekolah – sekolah mahal berlabel internasional berbayar dengan harga selangit. Namun, generasi yang shalih shalehah terlahir dari keluarga yang taat akan aturan –aturan dalam agama, berbudi luhur, dan penuh dengan kesederhanaan. Sebagaimana kehidupan yang dialami oleh nabi Muhammad SAW.

Ya, itulah 5 alasan mengapa kalian harus nikah di usia muda. Namun, jangan hanya gara – gara setelah membaca artikel di atas tersebut membuat kalian langsung tancap gas untuk menikah tanpa ada persiapan yang matang. Hal ini jangan sampai terjadi!

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Membaca artikel yang Sudah Saya Tulis ini.

Sampai Jumpa, Pada Artikel Saya Berikutnya!!

Leave a Reply