Home >> Wisata >> Kuliner >> Wajib Dicoba! Wingko Babat Jajanan Sederhana Khas Lamongan
Wajib Dicoba! Wingko Babat Jajanan Sederhana Khas Lamongan

Wajib Dicoba! Wingko Babat Jajanan Sederhana Khas Lamongan

Siapa sih yang nggak tau Lamongan? Kota yang biasa disebut Kota Menyok ini ternyata tidak hanya memiliki tempat wisata atau WBL yang wajib dikunjungi dan juga tidak hanya memiliki soto yang juga wajib buat dinikmati. Namun kota ini juga memiliki jajanan khas yang bisa dibuat oleh-oleh ketika kita berkunjung ke Lamongan, jajanan ini memiliki nama Wingko Babat.

Wingko atau yang biasa disebut Wingko Babat adalah makanan tradisional yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan, dan juga gula. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan gurih, rasa manis yang berasal dari gula dan rasa gurih yang berasal dari kelapa mudanya. Jajanan ini sering dijual keliling di stasiaun-stasiun, terminal, atau di toko oleh-oleh yang ada di Lamongan.

Wingko biasanya dibuat dengan bentuk kecil-kecil kemudian di bungkus dengan kertas berwarna putih. Jajanan ini akan terasa lebih nikmat jika dimakan selagi masih hangat dan sangat cocok dinikmati bersama keluarga ketika udara dingin atau ketika turun hujan. Harga wingko ini pun terbilang murah, tapi tergantung dari pembuatannya juga sih karena ada yang dijual dengan ukuran besar, ada juga yang menjual dengan ukuran yang kecil.

Wingko babat merupakan makanan khas dari Lamongan, namun lebih tepat lagi makanan ini berasal dari Babat. Babat adalah nama salah satu daerah kecil yang ada di Lamongan, oleh karena itu orang-orang dari Babat yang membuat makanan ini memberi nama makanannya sebagai Wingko Babat. Selain namanya yang unik pemilihan nama Babat ditujukan agar konsumen tidak lupa kalau makanan wingko ini berasal dari daerah Babat.

Pembuatan kue wingko ternyata juga tidak begitu sulit, jadi untuk Anda yang tidak sempat membeli oleh-oleh wingko babat khas Lamongan, Anda tetap bisa nih untuk membuatnya sendiri di rumah. Cukup dengan menyiapkan bahan-bahannnya seperti tepung ketan (1 kg), parutan kelapa ( 6 buah kelapa), gula pasir (1500 gr), telur ayam (1 butir), vanilli bubuk (4 bungkus), garam dapur (secukupnya), margarin cair (2 sendok makan) Anda bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Langkah yang pertama Anda cukup mencampurkan parutan kelapa dengan gula pasir kemudian remas-remas sekitar 1 jam, kemudian adonan tadi diamkan selama 1 malam. Setelah 1 malam didiamkan kemudian tambahkan tepung ketan ke dalam adonan dengan sedikit demi sedikit sambil di remas-remas, lalu tambahkan telur dan vanilli bubuk, lalu aduk rata. Setelah semua bahan tercampur rata Anda bisa menambahkan margarin cair kedalam adonan tadi, lalu cetak dengan bentuk lingkaran, setelah itu tata di dalam loyang yang sudah dialasi dengan daun pisang, setelah di tata Anda bisa langsung memasukannya ke dalam oven hingga warnanya berubah menjadi coklat kegosong-gosongan. Nah, wingko sudah siap buat dinikmati bersama keluarga namun agar lebih nikmat sajikan selagi wingko masih hangat.

Nah, itu sedikit tentang wingko babat. Semoga Bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya 😀

Leave a Reply