Home >> Celoteh >> Tempe Rumahan Enak dan Sederhana
Tempe Rumahan Enak dan Sederhana

Tempe Rumahan Enak dan Sederhana

Siapa sih yang gak tau tempe? Makanan sederhana yang terbuat dari bahan kedelai ini kini sudah mendunia. Dulu makanan ini hanya dikonsumsi oleh warga Indonesian saja, bahkan dulu orang yang bisa makan dengan lauk tempe dia sudah termasuk orang yang sangat kaya di daerahnya. Namun sekarang ini tempe sudah menjadi makanan pokok yang sering dipilih oleh ibu rumah tangga, karena selain murah tempe juga enak di masak dengan jenis apapun. Namun kini harga tempe memang sudah tidak semurah dahulu, karena kini kedelai didapat dengan cara di import dari negara lain, sehingga harga kedelai naik dan otomatis harga tempe juga ikut naik.

Namun dibalik harganya yang murah dan barangnya yang mudah dijumpai di pasaran, tempe juga memiliki kandungan yang baik untuk dikonsumsi, misal saja tempe memiliki kandungan lemak yang rendah jadi cocok di konsumsi oleh orang yang sedang proses melakukan diet. Tempe juga bisa membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh, selain itu juga dapat membuat jantung tetap sehat. Tempe juga memiliki kandungan serat yang mampu mengikat racun penyebab kanker dan juga dapat memperlancar jalannya pencernaan dalam tubuh. Tempe juga bisa mencegah beberapa penyakit seperti mencegah penyakit osteoporosis, mencegah penyakit anemia atau kekurangan darah, serta bisa mencegah beberapa penyakit degeneratif. Tempe juga bisa dikonsumsi oleh segala usia, karena kandungannya yang baik untuk tubuh manusia.

Memang sekarang ini tempe telah dijajakan di beberapa tempat, baik di pasar maupun tukang sayur keliling. Namun terkadang masih banyak penjual-penjual nakal yang menjual tempe dengan ditambahi sedikit bahan pengawet, sehingga tempe yang awalnya baik untuk kesehatan malah akan berbahaya bagi kesehatan kita. Jadi nggak ada salahnya nih buat kita untuk mencoba membuat sendiri tempe di rumah, karena lebih aman dan kebersihannya pun bisa lebih terjaga.

Jadi ini nih, sedikit tips cara membuat tempe ala rumahan. Pertama kita siapkan dulu alat-alat dan bahannya seperti dandang, saringan, baskom, kipas angin, kompor, tampah, daun pisang atau kantong plastik, serta ragi tempe dan kacang kedelai. Kemudian kita cuci dan bersihkan kacang kedelainya sampai bersih, lalu rendam kacang kedelai kira-kira 18 jam. Setelah kacang kedelai lunak, selanjutnya kupas kulitnya lalu bilas hingga bersih dengan menggunakan air. Lalu rebus kacang kedelai hingga empuk, setelah selesai di rebus kemudian tiriskan pada tampan, lalu angin-anginkan biji kedelai dengan menggunakan kipas angin hingga terasa hangat. Selanjutnya taburkan ragi yang sudah disiapkan tadi di atas permukannya sampai rata. Kemudian bungkus kedelai yang sudah ditaburi ragi tadi dengan menggunakan daun pisang atau plastik, namun jika ingin hasilnya lebih gurih bisa menggunakan daun pisang saja. Terakhir kita tinggal menunggu proses fermentasinya hingga 2 hari dalam suhu kamar, namun selama proses itu pastikan tempe dalam keadaan tertutup. Kalau sudah jadi tempe kita bisa langsung mengkonsumsinya dengan megolahnya menjadi beberapa makanan jadi, seperti kita bisa mengolahnya menjadi tempe goreng, sambal balado tempe, orek tempe, atau makanan jadi lainnya.

Nah, itu sedikit informasi tentang tempe. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply