Home >> Celoteh >> Kasih Sayang Kedua Orang Tua Yang Jarang Disadari
Kasih Sayang Kedua Orang Tua Yang Jarang Disadari

Kasih Sayang Kedua Orang Tua Yang Jarang Disadari

Siapa sih yang gak sedih ketika udah lama bareng-bareng bersama orang tua kemudian harus berpisah karena suatu tuntutan, entah itu sekolah ke luar kota atau ke luar kota untuk bekerja. Ketika dari kecil sudah bersama orang tua, kemudian masuk sekolah TK, SD sampai SMP juga masih bersama orang tua. Akhirnya ketika masuk Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK harus berpisah dengan 2 orang yang sangat berjasa di dalam hidup, memilih sekolah yang berbasis pondok sehingga menjadikan kita untuk memilih sekolah di luar kota yang memang ada sekolah sekaligus ada pondoknya.

Mungkin yang awalnya ketika SD, SMP kita sering merasa di cueki sama orang tua, sering dimarahi, minta ini itu jarang dituruti. Namun ketika semakin mendekati hari dimana kita harus pergi, mungkin banyak dari kita yang hanya berfikir “aku harus minta banyak-banyak barang mumpung orang tua lagi baik” dan mereka belum sadar kalau sebenarnya orang tua melakukan itu bukan karena sifat mereka yang tiba-tiba berubah menjadi baik. Tapi karena mereka tidak mau ketika anaknya memulai hidup baru tanpa mereka, anaknya kekurangan bahan untuk digunakan di sekolah dan pondok. Orang tua melakukan itu semua juga karena mereka berharap anak-anaknya bisa menjadi anak yang berprestasi di sekolah dan juga bisa menjadi penyampai agama yang faham dan mempunyai budi luhur yang baik.

Tak jarang ketika akan berangkat sang anak mendapat banyak nasehat dari orang tuanya agar dia bisa tetap menjaga dirinya meskipun tanpa diawasi kedua orang tuanya. Tak jarang juga dari kedua orang tua yang menangis ketika harus melepas anaknya untuk menuntut ilmu dunia dan akhirat di daerah yang berbeda. Dan di dalam tangisan orang tua itu sebenarnya menyimpan banyak harapan kepada anaknya dan juga sebagai tanda sayang dari orang tua kepada anaknya.

Selama kita berjuang menuntut ilmu di daerah lain, sebenarnya banyak orang tua di rumah yang selalu mendoakan kebaikan untuk anaknya yang sedang berjuang. Tak jarang juga orang tua yang terkadang merasa kesepian karena tidak ada lagi sang anak yang biasanya menemani dia di rumah. Banyak dari orang tua yang juga selalu menanti kehadiran kita untuk cepat pulang ke rumah. Ketika sang anak menelfon dan mengabari kalau dirinya akan ada libur sekolah dan libur pondok sehingga memutuskan untuk pulang, hati sang orang tua sangat bahagia dan ingin anaknya cepat sampai di rumah karena saking kangennya kedua orang tua dengan anaknya itu. Banyak dari orang tua yang sangat senang ketika mendengar anaknya akan pulang sampai-sampai kedua orang tua sengaja membersihakn rumah sampai sebersih mungkin dan menyiapkan makanan-makanan kesukaan dari anaknya. Mereka melakukan itu karena mereka ingin menyambut anaknya yang sudah lama tidak pulang ke rumah karena menuntut ilmu di luar sana.

Di situlah, terkadang banyak dari kita yang baru sadar kalau sebenarnya orang tua selalu menanti kedatangan kita, ketika kita berada jauh dengan mereka. Mereka rela menjenguk anaknya karena rasa kangen mereka yang sudah tidak bisa di tahan lagi meskipun jarak rumah dengan anaknya menuntut ilmu itu jauh. Mereka juga rela bekerja keras dirumah untuk mendapatkan uang yang bisa mereka kirim untuk anaknya karena mereka tidak ingin anaknya sampai kekurangan di sana. Mereka juga rela menjemput anaknya ketika sang anak sudah selesai menempuh perjuangan mereka selama 3 tahun untuk menuntut ilmu dunai dan akhirat. Dan semua itu akan terasa terbayar ketika orang tua melihat anaknya berhasil mendapat prestasi di sekolah dan anaknya juga berhasil menjadi penyampai agama yang faham dan memiliki budi luhur yang baik.

Jadi, jangan pernah berfikir kalau orang tua tidak pernah memikirkan kita, kalau orang tua marah berarti mereka tidak sayang. Padahal, sebenarnya mereka memiliki hati yang sangat baik bahkan sampai mereka merelakan semuanya demi kebahagiaan dan kesuksesan kita. Jadi mulai sekarang bayarlah jasa-jasa kedua orang tua mu dengan menjadi orang yang sukses karena ilmu dunia dan ilmu akhiratmu.

Nah, itu sedikit tentang kasih sayang orang tua. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply