Home >> Celoteh >> Menjadikan Masalah Sebagai Hal Yang Manis, Kenapa Nggak
Menjadikan Masalah Sebagai Hal Yang Manis, Kenapa Nggak

Menjadikan Masalah Sebagai Hal Yang Manis, Kenapa Nggak

Setiap manusia pasti nih pernah ngrasain apa yang namanya masalah, iya nggak ?? apalagi di waktu usia remaja pasti mulai banyak nih timbul masalah-masalah dalam hidupnya. Entah masalah dengan temannya, dengan gurunya, atau bahkan dengan orangtuanya. Dan tak jarang dari remaja yang mendapat masalah yang bisa membuatnya sampai menyalahkan dirinya sendiri dan akhirnya menjadi beban pikiran dalam hidupnya.

Remaja memang masa dimana rasa keingin tahuan yang berlebih, kalau ada hal baru pasti dia ingin mencoba sampai dia merasakannya sendiri. Namun terkadang di masa inilah remaja banyak dipengaruhi oleh syetan. Apalagi ketika suasana sedang seru, asyik, menyenangkan, dan nyaman untuk remaja itu, terkadang tak jarang dari remaja yang sampai lupa diri. Karena syetan akan dengan mudah menghasut orang yang sedang lupa kalau sebenarnya dirinya itu salah, namun dia tidak menyadarinya.

Setelah semua keseruan itu selesai dan mungkin kita terdiam, tak jarang dari remaja yang baru sadar kalau apa yang dilakukannya itu ternyata salah, dan pada akhirnya hanya penyesalan yang terjadi dalam dirinya. Mungkin ketika penyesalan itu terjadi banyak dari remaja yang hanya menyesalinya dengan tangisan atau terkadang dilampiaskan dengan marah-marah sendiri nggak jelas, sampai terkadang membuat temannya sendiri sampai kebingungan. Padahal sebenarnya apa yang sudah terjadi tak perlu disesali karena penyesalan hanya akan menambah masalah bukan malah menyelesaikan masalah.

Jadi, ketika penyesalan itu datang boleh kita menyesali bahkan sampai menangis, tapi itu cukup dilakaukan sehari saja, jangan sampai terlarut dalam penyesalan sampai berhari-hari bahkan sampai berminggu-minggu. Cukup dengan memperbanyak ibadah seperti sholat, dzikir, baca al-qur`an, kemudian melupakan kejadian yang sudah terjadi, dan berusaha untuk tidak mengulanginya, serta menganggap kalau itu semua adalah cobaan dari Allah yang harus kita lewati, dan dibalik itu pasti ada pelajaran yang bisa kita ambil. Jika hal itu dilakukan pasti dengan waktu yang cepat hati kita akan tenang dan akan cepat melupakan kejadian yang sudah membuat kita sampai menyesalinya.

Nah, jadi ketika masalah itu datang jangan berfikir kalau diri kita itu telah rusak, tapi langsung berusaha mendekatkan diri kepada Allah dan berusaha untuk tidak mengulanginya lagi. Karena hanya Allah lah yang mampu menyelesaikan segala urusan dalam hidup kita. Allah juga pasti tidak akan memberi cobaan yang tidak ada jalan keluarnya. Jadi anggaplah yang sudah terjadi sebagai angin yang berlalu dan berusaha menjadi yang lebih baik dengan tidak mengulanginya lagi.

Nah, itu sedikit tips dan motivasi ketika ada masalah. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply