Home >> Celoteh >> Kecantikan Hati Seorang Wanita

Kecantikan Hati Seorang Wanita

Kecantikan merupakan aset utama yang selalu di tonjolkan khususnya oleh koum hawa. Dalam pandangan umum wanita yang cantik itu dilihat dari paras wajahnya yang menawan dan postur tubuhnya. Kebanyakan wanita rela menghabiskan uangnya pergi ke tempat-tempat kecantikan seperti salon,spa hanya untuk membuat dirinya tampil cantik. dan melakukan berbagai macam cara, memakai make up agar terlihat mempesona. tapi dalam pandangan islam wanita yang cantik adalah wanita yang mempunyai akhlak yang baik tercermin dari setiap tindakan dan tutur katanya., yang selalu taat beibadah kepada allah.
Kecantikan sesungguhnya berasal dalam dirinya ( inner beauty) yang mempunyai pemikiran yang cerdas emosional, spiritual maupun intelektual. Cantik wajahnya hanya sebagai polesan luarnya saja tapi yang lebih utama adalah di dalam hatinya ada sisi positif yang membuat dirinya cantik. kecantikan lahiriah tidak akan memiliki arti jika tidak dibarengi dengan cantik hatinya (batiniah). Kecantikan dalam hatinya akan timbul karna rasa syukurnya kepada allah. Meskipun dia tak secantik para artis,putri raja, atau model-model terkenal tapi wanita itu akan tetap bersyukur memiliki rasa imannya kepada allah. Bisa mengendalikan semua nafsu belaka. Selalu menjaga dirinya dari pengaruh buruk dari pergaulan teman-temannya yang dapat menimbulkan dosa dan bisa saja berujung pada kemaksiatan. Cantik didalam hatinya akan membuatnya Nampak lebih berharga di dalam pandangan orang yang mengenalnya. Bertutur kata yang sopan, baik, tidak menyakiti hati temannya dan memikirkan secara matang apa yang akan dia lakukan.
Kecantikan dalam pandangan islam bukanlah wanita yang menunjukan paras wajahnya akan tetapi wanita yang senantiasa menutup aurotnya dari laki-laki yang bukan makhromnya. Aurot wanita adalah seluruh anggota badan kecuali wajah dan telapak tangan. Semua perbuatan yang wanita lakukan itu bisa termasuk mengumbar aurot, seperti kita berlari, kita teriak, kita tertawa berlebihan dll. Jadi wanita yang cantik itu wanita yang berhati bersih, tak menyimpan dendam didalam hatinya,memaafkan kepada orang yang menyakitinya, selalu taat pada perintah allah, kedua orang tuanya dan , kepada suami jika sudah menikah. bertingkah menurut syariat yang dianjurkan dalam islam. Selalu menjaga perkataan dan perbuatan. Berusaha terhindar dari pengaruh buruk atau hasutan syetan yang bisa menimbulkan dosa dan pelanggaran. Wanita yang selalu berperasangka baik, selalu pasrah kepada allah, menyerahkan semuanaya kepada allah. menerima kekurangannya sebagai motivasinya, mengganggap perbedaan itu sebagai alasan dalam berteman,tak pernah membeda- bedakan antara si kaya dan si miskin, cantik atau jelek selalu menerima kekurangan itu sebagai sebuah kelebihan. Selalu bersyukur ketika ia diberi kenikmatan ataupun sedang dicoba.
Kita harus bersyukur atas apa yang telah kita miliki, apa yang telah allah gariskan untuk kita, meskipun kita tidak memiliki kecantikan luar tapi lebih barhargannya jika kita memiliki kecantikan yang timbul dalam hati kita :).

Leave a Reply