Home >> Wisata >> Kuliner >> Bonggolan Makanan Khas Gresik Jawa Timur

Bonggolan Makanan Khas Gresik Jawa Timur

Makanan ini bentuknya lonjong dan warga pesisir Gresik menamainya dengan nama bonggolan entah kenapa kok bisa dinamai bonggolan tapi tang pasti rasanya gurih,enak,kenyal dan makanan ini sudah sangat familiar ditelinga warga setempat dan makanan ini sudah banyak digemari orang banyak karena rasanya yang gurih itu membuat semua golongan usia menyukainya.mulai dari anak anak sampai dewasa.

Makanan ini sangatlah langka dan hanya ditemukan di daerah gresik.makanan ini sangatlah gurih karna terbuat dari ikan laut asli dan segar.biasanya yang mengelola bisnis seperti ini itu warga yang bertempat tinggal dipesisir pantai.karena biar mudah untuk mencari ikan dilaut dan juga cuacanya juga panas sehingga memudahkan proses pengeringan bonggolan ini.

Bonggolan ini bentuknya lonjong seperti yang disebutkan diatas tadi,selain itu bonggolan ini berwarna putih dan makanan ini dibungkus daun pisang dan baunya khas ikan asli yang harum dan membuat anda ingin segera menyantapnya….!

Bahan bahan dan cara membuatnya juga sangatlah mudah tapi harus butuh kesabaran tidak rumit kok….!mari simak cara membuat bonggolan khas gresik  dibawah ini:

Bahan bahan untuk membuat bonggolan:

-Siapkan ikan mentah (jenis ikannya terserah yang penting diambil dagingnya saja dan ikannya bisa dibuat untuk bonggolan seperti ikan kakap,ikan tengiri bahkan udang juga bisa malah lebih enak kalau pake udang)

-Bawang putih

-Tepung kanji

-Penyedap rasa sesuai selera

-Air panas

-Garam

Cara membuat bonggolan:

Pertama bersihkan ikan yang sudah siap dan ambil dagingnya saja.lalu diblender bersama dengan garam dan bawang putih yang sudah dikupas. setelah itu siapkan kanji yang sudah ditakar dan masukkan air panas kedalam tepung kanji tersebut lalu aduk tepung kanji itu sampai rata kemudian campurkan dengan blenderannya ikan yang sudah diblender tersebut.lalu aduk rata sampai benar-benar sudah menjadi satu antara tepung kaanji dengan ikannya tersebut.

Setelah itu bentuk adonan tersebut lonjong tapi terserh selera anda bisa lonjong atau bulat tapi familiarnya lonjong.setelah selesai dibentuk kemudian siapkan daun pisang yang sudah diolesi minyak kemudian letakkan adonan yang sudah dibentuk tersebut diatasnya daun pisang itu.setelah itu kukus hingga matang…!mengkukusnya juga harus benar-benar matang kalau tidak tengahnya masih mentah.dan bentuknya biasanya bercak-bercak tengahnya.

Begitulah cara membuat bonggolan sangat mudah dan tidak rumit kan…

Bonggolan juga bisa langsung bisa dimakan setelanya dikukus .tapi ada juga yang diiris tipis kemudian dijemur dan digoreng untuk dinikmati bersama dengan makanan setiap harinya.bonggolan juga harganya sangat murah sekali hanya Rp.5.000.

Jangan lupa dicoba yah bisa buat sendiri juga bisa langsung datang ke tokonya langsung digresik.pokoknya nggak nyesel lah selain mudah dan praktis cara membuatnya rasanya pun tak kalah juga sangat enak dan gurih terasa banget aroma ikannya.

Selamat mencoba..!

Leave a Reply