Home >> Celoteh >> Seleketiflah Dalam Memilih Teman

Seleketiflah Dalam Memilih Teman

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri pasti membutuhkan orang lain. Jelas tidak dapat menghidupi dirinya sendiri, bahkan kalau dia orang yang kaya sekalipun tidak akan mampu hidup sendiri. Contoh dalam kehidupan sehari-hari kita membutuhkan penjahit untuk menjahit baju, tapi tidak di pungkiri lagi kita juga membutuhkan pengrajin kain untuk bahan untuk baju tersebut. Karena kita makhluk sosial jelas kita berinteraksi terhadap sesama individu, bahkan hidup kita dipengaruhi oleh orang lain. Beberapa orang di sekitar kita mempengaruhi kita, entah mempengaruhi untuk berbuat kebaikan atau kejelekan sekalipun. Biasanya dalam kita berteman terdapat dua pilihan; kita yang di pengaruhi atau kita yang mempengaruhi.

Janganlah merasa diri kita adalah yang paling sudah memiliki sifat yang baik, kita juga membutuhkan orang lain untuk menjadi contoh yang baik atau untuk mengkoreksi bagaimana diri kita. Tapi tidak mungkin juga kita tidak mendapatkan teman yang mempengaruhi kita untuk kejelekan, karna dua hal ini memang tidak bisa di pisahkan. Jika kita tidak membetengi diri untuk hal-hal kejelekan tentu kita akan terpengaruh. Kita bisa saja ada dalam posisi mendapat perlakuan yang kurang baik dari orang di serkitar kita, jika disaat suasana hati kita baik mungkin saja kita bisa menyikapinya dengan bijak, namun jika suasana hati kita sedang kacau mungkin saja kita akan membalas. Naudzubillah-

Orang di sekitar kita memberi pengaruh besar bagaimana sikap kita dalam menyikapi sesuatu, apalagi bagi anak muda jaman sekarang yang lebih banyak mengahabiskan waktu dengan teman dibanding dengan keluarga. Karena teman lah yang sering kita jumpai maka teman bisa merubah sikap kita, mempengaruhi baik ataupun jelek sekalipun. Jika teman kita memiliki sifat yang baik, dalam menyikapi sesuatu juga baik maka kita akan terpengaruh untuk kebaikan juuga, dan saling mengingatkan jika salah satu melakukan kesalahan. Ingat! Tidak ada yang sempurna kan? Jika kita memiliki suatu perkumpulan carilah teman-teman yang baik, ketika kita nyaman berteman dengan teman yang baik maka Allah SWT akan terus menerus menjaga hatimu senang dalam melakukannya, begitupula jika kita nyaman berteman dengan teman yang kurang baik.

Bukannya memilih-milih teman, hanya saja tidak mau mengambil resiko yang lebih jauh saja!

Leave a Reply