Home >> Celoteh >> Bahasa Kekinian : Baper, Mager dan Gabut
Bahasa Kekinian : Baper, Mager dan Gabut

Bahasa Kekinian : Baper, Mager dan Gabut

Bahasa Kekinian : Baper, Mager dan Gabut

Mungkin banyak diantara kita yang sering mendengar kata-kata Baper. Gabut, dan Mager di sosmed. Tapi, banyak juga yang tidak mengerti artinya. Bahasa di Indonesia sangat banyak. Yaa termasuk bahasa gahol kekinian yang sering dipakai oleh banyak remaja atau ABG (Anak Baru Gede) di Indonesia. Istilah-istilah aneh pun bermunculan silih berganti. Entah dari mana asal mulanya, intinya kata-kata gahol kekinian akan cepat menyebar luas dikalang remaja dari Sabang sampai Merauke.

Baper :

Apa itu baper ?

Baper adalah singkatan dari kata “Bawa Perasaan”

Kata-kata baper sering dibuat Quotes, dagelan dan dipakai oleh anak muda sekarang. Misalnya dalam percakapan :

Gak usah baper bro, dia cuma bercanda doang kok

Lagunya jangan yang selow, bikin guejadi baper aja nih

Jangan baper, orang dia cuma iseng

Cuma dibilang gitu aja langsung baper lu, wkwkwk

Nah, jangan jadi orang yang baperan ya. Karena jadi orang baperan itu nggak enak, dikiranya orang sensitif. Bisa jadi bahan bully-an oleh teman-teman juga lho hehehe

Mager :

Mager. Sama halnya seperti Baper, Mager juga adalah singkatan dari kata, yaitu “Malas Gerak”

Biasanya dipakai dalam percakapan :

Hari libur bawaannya jadi mager

Masih pagi nih, mager banget”

Musim hujan bikin mager deh ah

Jangan jadi orang yang malas gerak yaa.. Masih muda udah malas gerak wkwkwk masa iya, mau kalah sama yang sudah tua tapi jiwa semangatnya masih tinggi

Gabut :

Gabut adalah singkatan kata dari “Gaji Buta” tapi anak muda jaman sekarang lebih mengartikannya kearah enggak ada kerjaan, atau ngerjain sesuatu yang enggak ada hasilnya.

Misalnya :

Gabut banget ih kita disini. Gak ada gurunya

Jangan cuma ngeliatin doang, bantuin juga temennya yang lain, gabut banget sih jadi orang!”

 

Baper, mager dan gabut adalah beberapa contoh dari sekian banyaknya kosa kata bahasa kekinian yang sering dipakai anak muda jaman sekarang. Setidaknya bahasa yang dipakai oleh remaja sekarang kita harus tahu. Agar kita mengerti dan tidak dibilang kudet (kurang update).

Leave a Reply