Home >> Internasional >> Rebutan Hak Paten, Apple Rugi 11,7 Triliun
kisruh hak paten perusahan - perusahaan besar

Rebutan Hak Paten, Apple Rugi 11,7 Triliun

Beritalamongan.com – di balik kesuksesan membangun bisnis yang bernilai jutaan dollar, perusahaan – perusahaan besar seperti intel dan Apple ternyata juga tak lepas dari masalah hak paten. Bahkan karena rebutan hak paten, Apple rugi Rp 11,7 triliun. Di persidangan mereka kalah dari University of Wisconsin.

Kisruh antara Apple dan University of Wisconsin bermula dari penggunaan teknologi microchip buatatan University of Wisconsin yang digunakan di sejumah perangkat pintar apple seperti iPhone 5s, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Kabar lain menyebutkan gugatan terbaru dari Universitas Wisconsin juga menyertaka smartphone terbaru dari apple seperti iPhone 6S dan iPhone 6S Plus.

Pada tahun 2008 silam, University of Wisconsin juga pernah menggugat intel terkait permasalahan hak paten juga. Namun berbeda dengan apple, kisruh antara intel dengan University of Wisconsin akhirnya diselesaikan di luar pengadilan. Kabar menyebutkan telah terjadi kesepakatan antara keduanya dalam menyelesaikan kisruh hak paten tersebut. Namun berapa besar nilai dari kesepakatan itu tidak diungkapkan.

Dalam kisruh dengan apple, Univesity of Wisconsin sebenarnya telah mengajukan tawaran untuk perusahaan teknologi asal amerika itu. Namun apple menolak tawaran yang telah mereka ajukan. Karena apple mengabaikan tawaran tersebut, maka selanjutnya apple harus membayar hak paten untuk setiap penggunan microchip buatan university of Wisconsin.

Kisruh hak paten ternyata juga masih menjadi topic hangat bagi perkembangan dunia teknologi saat ini. Pekan lalu, dikabarkan seorang hakim telah menolak gugatan perusahaan spesialis kartu grafis ternama, Nvidia, yang menyebut perusahaan besar asal korea selatan, Samsung, dan beberapa perusahaan lainya telah melanggar tiga paten yang menjadi hak mereka.

Hal ini tentu semakin membuat panas perkembangan dunia gadget saat ini. Apalagi baru – baru ini perusahaan yang terkait kisruh hak paten baru meluncurkan produk – produk baru andalanya yang memiliki fitur dan teknologi canggih. Sebut saja, Samsung yang baru beberapa pekan meluncurkan sejumlah Samsung galaxy series terbaru. Begitu juga dengan apple yang meluncrukan sejumlah perangkat terbaru baik di iPhone maupun iPad series.

Leave a Reply